Selasa, 05 Mei 2020 17:45 WIB

Ahli Gizi Sarankan Minum Air Kelapa Saat Buka Puasa, Ini Alasannya

Anjar Mahardhika - detikHealth
Ilustrasi Air Kelapa (Shutterstock) Ahli gizi sarankan minum air kelapa saat buka puasa, ini alasannya. (Foto ilustrasi: Shutterstock)
Jakarta -

Air kelapa merupakan salah satu minuman segar yang banyak dipilih untuk berbuka puasa. Selain menyegarkan, minuman ini ternyata juga mengandung banyak kandungan yang baik untuk tubuh.

Dokter gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, merekomendasikan minum air kelapa saat berbuka. Rasanya yang segar dan manis dapat menghindari tubuh dari dehidrasi, terlebih ketika berpuasa seharian.

"Air kelapa itu segar dan fresh. Mengandung manis gitu, jadi kita memakan sesuatu yang segar dan enak," kata dr Titi saat dihubungi detikcom, Selasa (5/4/2020).

Selain menyegarkan, banyak kandungan baik seperti vitamin, kalium, dan natrium dalam air kelapa. Kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu air kelapa juga diketahui sebagai sumber antioksidan yang baik buat tubuh.

"Selain itu juga, dia (air kelapa) mengandung beberapa elektrolit seperti natrium, kalium yang bagus buat tubuh, dan yang penting enak," kata dr Titi.

Mengkonsumsi air kelapa sebaiknya tanpa gula, karena di dalamnya sudah mengandung kadar gula alami yang membuat rasanya manis. Ia kemudian mengingatkan, walaupun harus menggunakan gula agar tidak berlebihan.

"Pokoknya kalau mau ngasih gula jangan berlebihan lah. Aku selalu menganjurkan kalau ingin minum manis satu kali saja atau bisa diganti pakai buah-buahan yang manis itu kan bisa juga," tutupnya.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)