Rabu, 06 Mei 2020 18:03 WIB

Tips Mengatasi Sembelit Saat Puasa di Masa Pandemi Corona

Niken Widya Yunita - detikHealth
Woman Stomach Ache Foto: iStock/Tips Mengatasi Sembelit Saat Puasa di Masa Pandemi Corona
Jakarta -

Mengalami sembelit saat puasa dan pandemi virus corona membuat perut tidak nyaman. Bahkan sembelit dapat menyebabkan stres.

Sembelit adalah sukar atau tidak dapat buang air besar karena terdapat kotoran keras dalam usus. Penyebab sembelit antara lain dehidrasi, pola diet yang salah, terkena penyakit tertentu dan kurang mendapat asupan serat yang cukup.

Dokter gizi dr Cindiawaty Pudjiadi, MARS, MS, SpGK, memberikan tips mengatasi sembelit saat puasa di masa pandemi corona.

Menurut dr Cindi, asupan serat harus cukup. Serat terdapat di sayur-sayuran dan buah-buahan.

"Jadi asupan sayuran harus cukup, usahakan pada waktu sahur dan buka selalu ada sayur," ujar dr Cindi kepada detikcom, Rabu (6/5/2020).

Selain sayur, lanjut dr Cindi, kita juga harus mengonsumsi buah-buahan. Buah yang baik untuk mengatasi sembelit salah satunya adalah pepaya. Pepaya mengandung vitamin C yang tinggi. Bahkan vitamin C pada pepaya lebih tinggi dibanding jeruk.

Tips mengatasi sembelit saat puasa lainnya yakni memenuhi kebutuhan cairan. Nah kebutuhan cairan kita 8 gelas per hari. Cara mengonsumsi cairan saat puasa yakni 2 gelas saat buka, 2 gelas setelah makan malam, 2 gelas saat mau tidur, dan 2 gelas usai sahur.

Jangan lupa, kita juga harus berolah raga teratur. Olahraga seminggu 3-5 kali masing-masing 30 menit saja.

"Semuanya itu akan membantu untuk konstipasi," kata dokter yang praktik di RS Medistra ini.

dr Cindi menambahkan, tidak ada makanan yang dihindari untuk mengatasi sembelit saat puasa dan pandemi corona ini. Yang penting kita harus makan makanan bergizi lengkap dan seimbang.

Lalu apakah kita harus mengurangi makanan tertentu misalnya yang mengandung karbohidrat, mengingat saat buka, kita mengonsumsi banyak makanan karbohidrat, dokter yang memiliki Instagram @drcmeal ini menuturkan, karbohidrat jumlahnya jangan dikurangi. Sebab saat pandemi corona, zat termasuk karbohidrat kita butuhkan semuanya.

"Saat ini kita butuh semuanya. Porsi disesuaikan dengan kebutuhan. Yoghurt bisa ditambahkan untuk memenuhi kebutuhan probiotik," tutup dr Cindi.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)