Rabu, 06 Mei 2020 19:46 WIB

Corona Melonjak Lagi di Wilayah Ini Usai Lockdown Dilonggarkan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Negara-negara Ini Mulai Longgarkan Lockdown Corona

Banyak negara memperpanjang kebijakan lockdown untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Namun, ada juga beberapa negara yang mulai melonggarkan lockdown. Sejumlah negara mulai melonggarkan lockdown (Foto: AP)
Jakarta -

Pandemi virus Corona masih berlangsung, beberapa negara seperti Italia, Denmark, Jerman, China, dan lain-lain sudah mulai melonggarkan kebijakan lockdown. Beberapa wilayah harus menganggung akibatnya.

Bahkan di antara beberapa wilayah harus menghadapi ancaman gelombang kedua virus Corona. Ketika lock down dilonggarkan, kasus COVID-19 malah semakin meningkat.

Berikut ini adalah beberapa wilayah di dunia yang terkena lonjakan kasus saat lockdown mulai dilonggarkan:

China

Pemerintah China pada 8 April lalu telah mencabut lockdown di Wuhan. Warga dapat meninggalkan rumah meskipun dengan syarat yang terdapat pada aplikasi ponsel. Dalam aplikasi tersebut warga yang mendapat QR hijau yang diperbolehkan keluar rumah.

Namun pada Minggu (12/4/2020) lalu, China kembali melaporkan peningkatan jumlah kasus virus Corona. Pemerintah China mengklaim lonjakan kasus ini terjadi karena banyaknya orang-orang yang pindah atau berdatangan dari negara lain.

Jepang

Hokkaido Jepang tiba-tiba menunjukkan peningkatan kasus COVID-19. Hal ini menyebabkan pejabat pemerintah di sana menyatakan keadaan darurat kurang dari sebulan setelah sebelumnya melonggarkan aturan setempat pada 19 Maret.

Gubernur Hokkaido membuat pengumuman pada hari Minggu setelah hampir seminggu mengalami peningkatan kasus sebanyak dua digit, demikian lapor berita Kyodo.

"Kami menghadapi krisis gelombang kedua dalam penyebaran infeksi (coronavirus)," kata Gubernur Naomichi Suzuki, dikutip dari NBC News.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)