Jumat, 08 Mei 2020 13:00 WIB

Ilmuwan Hong Kong Sebut Mata Jalur Paling Rawan Tularkan Virus Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Beautiful blond woman with painted eye Ilmuwan Hong Kong sebut mata jadi jalur penularan paling rentan Corona. (Foto ilustrasi: thinkstock)
Jakarta -

Para peneliti dari University of Hong Kong mengungkap virus Corona 100 kali lebih mudah menular melalui mata jika dibandingkan dengan severe acute respiratory syndrome (SARS). Studi ini dimuat di The Lancet Respiratory Medicine.

Mengutip South China Morning Post, disebutkan, mata merupakan rute paling berisiko bagi penularan virus Corona saat masuk ke dalam tubuh manusia. Penelitian yang dipimpin oleh Dr Michael Chan Chi-wai ini memberikan bukti bahwa virus Corona dapat menginfeksi manusia melalui kedua mata.

"Kami membiakkan jaringan dari saluran pernapasan manusia dan mata di laboratorium danmenerapkannya untuk mempelajari SARS-Cov-2, membandingkannya dengan SARS dan H5N1. Kami menemukan bahwa SARS-Cov-2 jauh lebih tinggi dalam menginfeksikonjungtiva manusia dan saluran pernapasan bagian atas daripada SARS, dengan tingkat virus sekitar 80 hingga 100 kali lebih tinggi," kata Dr Chan.

"Ini menjelaskan transmisibilitas COVID-19 yang lebih tinggi daripada SARS. Studi ini juga menyoroti fakta bahwa mata mungkin merupakan rute penting infeksi manusia SARS-CoV-2," tambah Dr Chan.

Tentunya, studi ini sekaligus memperkuat saran kepada masyarakat untuk tidak menyentuh mata mereka dan mencuci tangan secara teratur untuk menghindari infeksi COVID-19. Sebelumnya, para peneliti HKU pun menemukan virus Corona bisa bertahan selama tujuh hari di permukaan stainless steel dan plastik.

Meski begitu, saat ini lebih dari 1 juta orang dinyatakan sembuh dari Corona. Beberapa negara sudah mulai mengalami penurunan kasus Corona, bahkan AS sudah menemukan keberhasilan dari dosisremdesivir yang diberikan pada pasien Corona dan memperluas pasokanobatnya.



Simak Video "WHO Kunjungi China Pekan Ini untuk Telusuri Asal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)