Jumat, 08 Mei 2020 14:11 WIB

5 Fakta Benzodiazepin, Psikotropika yang Dikonsumsi Roy Kiyoshi

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Roy Kiyoshi saat ditemui di Polda Metro Jaya. Roy Kiyoshi positif benzo saat tes urine (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Paranormal Roy Kiyoshi diamankan oleh polisi. Ia ditangkap karena memiliki narkoba, yakni psikotropika jenis benzodiazepin.

Saat dites urine, Roy Kiyoshi positif benzodiazepin, yakni golongan obat psikotropika yang sering disalahgunakan. Obat ini memiliki efek sedatif atau menenangkan.

"Tadi saya sudah sampaikan, jenis-jenisnya psikotropika dan pada saat kita lakukan tes urine dia positif benzo," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, Vivick Tjangkung, di kantornya, Jumat (8/5/2020).

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut ini adalah lima fakta benzodiazepin seperti yang dikonsumsi oleh Roy Kiyoshi:

1. Memberikan sensasi relaksasi

Efek penggunaan benzodiazepin tergantung dari banyak faktor seperti tinggi dan berat badan pengguna, serta dosis yang dikonsumsinya. Beberapa efek langsung yang umum terjadi adalah relaksasi, kantuk, linglung, pusing, dan gangguan ingatan jangka pendek.

Pada penggunaan jangka panjang, pengguna bisa mengalami efek seperti hilangnya gairah seksual, mudah tersinggung, mual, sakit kepala, hingga depresi.

2. Memiliki efek samping

Efek samping dari benzodiazepin bisa berupa sakit perut, kaburnya penglihatan, depresi, euforia, perubahan denyut jantung, hipotensi, gemetar, grogi, sakit dada, dan lain-lain.

3. Efeknya bisa berlangsung selama 24 jam

Efek dari benzodiazepin bisa berlangsung selama kurang dari 12 jam hingga 24 jam lebih, tergantung dari dosis penggunaannya. Tetapi sebagian besar efek dari benzodiazepin akan hilang dalam waktu beberapa jam saja.

4. Menyebabkan kecanduan

Apabila benzodiazepin dikonsumsi dengan dosis yang cukup tinggi, tingkat kecanduannya pun akan semakin tinggi. Sementara itu, bila-bila tiba berhenti mengonsumsi benzodiazepin juga akan memberikan gejala penarikan pada penggunanya.

Gejala penarikan yang paling umum bila berhenti mengonsumsi benzodiazepin adalah cemas, depresi, insomnia, dan gangguan sensorik.

5. Bisa menyebabkan kematian

Ketika digunakan sesuai resep dokter, benzodiazepin relatif aman. Bahkan, overdosis benzodiazepin juga jarang menyebabkan kematian. Namun bila benzodiazepin digunakan bersamaan dengan obat-obatan lain atau alkohol itu bisa menyebabkan kematian.



Simak Video "Beda Pengertian Droplet, Airborne, dan Aerosol Terkait Penularan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)