Sabtu, 09 Mei 2020 17:40 WIB

Tips Sajikan Sop Buah untuk Buka Puasa Agar Tetap Sehat dan Kaya Nutrisi

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
making this ice can use melons, watermelons and added gelatin then added cocopandan syrup Tips menyajikan sop buah yang sehat. (Ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Sop buah menjadi salah satu menu favorit orang berbuka puasa. Rasanya yang manis dan segar membuat banyak orang memilih menyantapnya setelah berpuasa seharian. Terlebih berbagai macam buah dapat dikreasikan dalam satu mangkok sop buah agar semakin membuat cita rasanya semakin menyegarkan.

Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA) dan Konsultan Gizi Royal Sport Performance Center Senayan City, Dr Rita Ramayulis, DCN, MKes, merekomendasikan mengkonsumsi sop buah saat berbuka namun dengan penambahan pemanis yang tidak berlebihan.

"Jadi sop buah tetap direkomendasikan untuk berbuka puasa dengan catatan penambahan krimer kental manis, gula dan sirupnya terbatas," ujar Dr Rita saat dihubungi detikcom Jumat (8/5/2020).

Buah yang disarankan untuk pembuatan sop buah menurut Dr Rita harus yang mengandung banyak air. Beberapa buah banyak memiliki kandungan air yang tinggi seperti semangka, blewah, jeruk, stroberi, dan melon. Kandungan ini, baik untuk proses rehidrasi tubuh setelah seharian berpuasa.

"Sebenarnya sih bahan untuk buah dipakai di dalam sop buah itu yang kandungan airnya tinggi. Makanya digunakan apel kemudian melon, sebenarnya itu udah cocok," kata Dr Rita.

Namun ia kembali mengingatkan untuk mengurangi penambahan pemanis berlebihan pada sop buah. Konsumsi minuman manis berlebihan dapat meningkatkan berbagai risiko buruk pada tubuh semisal obesitas dan diabetes.



Simak Video "Ahli Jelaskan Alasan Puasa Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)