Minggu, 10 Mei 2020 17:32 WIB

Manfaat Daging Kelapa untuk Buka Puasa, Salah Satunya Tingkatkan Imun Tubuh

Anjar Mahardhika - detikHealth
Coconut with coconut oil in jar on wooden background Manfaat daging kelapa saat berbuka puasa. (Foto ilustrasi: Istock)
Jakarta -

Kelapa merupakan buah yang memiliki banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Tak hanya airnya yang segar diminum saat buka puasa, daging kelapa juga memiliki sederet manfaat yang baik untuk tubuh.

Daging kelapa kaya akan nutrisi seperti serat, protein, karbohidrat, kalium hingga mangan. Mangan diketahui memiliki manfaat mendukung fungsi enzim dan metabolisme lemak dalam tubuh. Selain air kelapa, banyak orang yang juga mengkonsumsi dagingnya untuk berbuka puasa.

Berikut beberapa manfaat daging kelapa, seperti dikutip Healthline:

Hindari risiko penyakit jantung

Kandungan minyak kelapa pada dagingnya dapat meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan mengurangi kolesterol LDL (buruk). Kandungan ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Turunkan berat badan

Sebuah studi menunjukkan kandungan Medium Chain Triglyceride (MCT) di dalamnya dapat membantu mempercepat perasaan kenyang, pembakaran kalori, dan pembakaran lemak. Selain itu terdapat kandungan serat yang meningkatkan rasa kenyang dan membantu mencegah makan berlebih saat buka puasa.

Membantu pencernaan

Serat yang terkandung dalam daging kelapa dapat membantu mengangkat kotoran serta mendukung keteraturan usus untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat. Kandungan lemak dalam dagingnya juga membantu menyerap nutrisi yang larut dalam lemak termasuk vitamin A,D,E, dan K.

Tingkatkan imunitas

Mengkonsumsi daging kelapa juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas serta mengurangi peradangan. Karena terdapat mangan dan antioksidan di dalamnya. MCT buah ini juga disebut sebagai penekan tumor.

Bantu perbaiki fungsi otak

MCT dalam minyak kelapa yang terkandung di dalam dagingnya dapat menjadi sumber alternatif untuk glukosa. Kandungan ini dapat membantu orang yang memiliki gangguan memori atau fungsi otak, seperti orang dengan penyakit alzheimer.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)