Senin, 11 Mei 2020 09:49 WIB

Viral Kerumunan Warga Saat McD Sarinah Tutup, Langgar PSBB?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Restoran siap saji McDonalds Sarinah akan tutup permanen. Yuk lihat lagi sudut-sudut penuh cerita di gerai McD pertama di Indonesia ini. Penutupan McD Sarinah bikin baper para pengunjung (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Penutupan gerai McDonald's Sarinah pada Minggu (10/5/2020) menjadi momen emosional bagi sebagian orang yang punya kenangan di tempat nongkrong legendaris tersebut. Namun kerumunan yang terjadi di tengah pandemi justru menuai cibiran.

Kerumunan pengunjung terjadi dalam momen perpisahan dengan pengunjung McD Sarinah. Padahal dalam masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB), kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang tidak diperbolehkan.

"PSBB what?" sindir pemilik akun @pleasure*** di Twitter.

Banyak yang menyayangkan terjadinya kerumunan di tengah pandemi dan pemberlakuan PSBB. Tak adanya social distancing dalam situasi seperti itu dikhawatirkan meningkatkan risiko penularan virus Corona COVID-19.

"Cluster Sarinah? Semoga tidak," tulis akun @abi_****.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto, menyampaikan pesan khusus agar kerumunan semacam ini tidak terulang.

"Jalankan saja arahan pemerintah, disiplin untuk mematuhi," kata Yuri saat dihubungi detikcom, Senin (11/5/2020).



Simak Video "Sukarelawan Terjun Langsung Jemput Jenazah COVID-19 di India"
[Gambas:Video 20detik]
(up/kna)