Senin, 11 Mei 2020 12:14 WIB

Mengapa Lansia Rentan Terkena Penyakit? Begini Penjelasannya

Inkana Putri - detikHealth
ABC-Gerakan untuk Lansia di Bulan Ramadhan Foto: dok Heinz ABC
Jakarta -

Tak dapat dipungkiri bila lansia memiliki tubuh yang sudah tidak sekuat orang yang lebih muda, berbagai penyakit pun terkadang menyerang mereka. Mengapa hal ini terjadi? Hal tersebut terjadi akibat imunitas tubuh pada lansia yang sudah mulai menurun.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, memang seiring bertambahnya usia kemampuan respons imun tubuh seseorang akan juga ikut berkurang. Inilah yang menyebabkan orang tua acapkali lebih memungkinkan untuk tertular penyakit. Bahkan penyakit pneumonia adalah penyebab utama kematian orang di atas 65 tahun di seluruh dunia.

Beberapa peneliti mengamati bahwa ini terjadi akibat penurunan sel T yang ada di dalam tubuh. Kemungkinannya adalah penurunan kinerja Timus yaitu kelenjar yang berada tepat di depan dada yang berfungsi untuk memproduksi sel darah putih yang ada di dalam tubuh.

Selain itu, juga dibarengi dengan sumsum tulang belakang yang kinerjanya sudah kurang efisien dalam memproduksi sel-sel induk yang berfungsi sebagai kekebalan atau imunitas tubuh. Tidak hanya itu juga, ternyata nutrisi juga sangat berpengaruh terhadap kekebalan lansia. Untuk itu, ada baiknya memberikan lebih banyak perhatian kepada para lansia, apalagi di bulan Ramadan kali ini dengan membantunya dalam mendapatkan bahan-bahan pokok yang bergizi.

Dalam rangka membantu lansia dalam menghadapi bulan Ramadan kali ini, Heinz ABC berkolaborasi dengan FOI, Alfamart, dan Indomaret akan memberikan bantuan bahan pokok kepada lansia dengan total bantuan sebesar Rp 7,5 miliar, yang akan diberikan di 8 wilayah di Pulau Jawa.

Masyarakat pun dapat memberikan dukungan tersebut dengan membeli produk-produk Heinz ABC yang tersedia di minimarket seperti Alfamart, Alfamidi dan juga Indomaret. Nantinya setiap pembelian produk ABC tersebut, konsumen akan membantu Heinz ABC menyumbangkan Rp 1.000 untuk donasi yang akan diberikan kepada lansia tersebut.

Managing Director Kraft Heinz ABC Indonesia dan Papua Nugini, Steven Debrabandere mengatakan ABC ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk bergabung dengan kegiatan ini. Melalui Gerakan untuk Lansia di Ramadan ini, Heinz ABC akan mendonasikan Rp 7,5 miliar bagi para lansia selama masa pandemi.

"Gerakan Untuk Lansia di Bulan Ramadan yang kami buat bertujuan untuk mendukung lansia di bulan Ramadan, di saat pandemi ini terjadi. Kami juga ingin untuk mengajak publik menyebarkan kebaikan selama bulan Ramadan," ujar Steven dalam keterangan tertulis, Senin (11/5/2020).

Program ini sudah dimulai dan akan dilanjutkan hingga 31 Mei 2020. Adapun untuk pendistribusian donasi yang diberikan oleh masyarakat tersebut, Heinz ABC bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI). Nantinya bantuan tersebut akan diberikan oleh masyarakat dan dipastikan sampai kepada para lansia yang membutuhkan lewat bantuan dari FOI dan akan disalurkan ke 8 wilayah di Pulau Jawa, yakni DKI Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung, Solo, DI Yogyakarta, Surabaya, dan Pasuruan.

"Lansia merupakan salah satu fokus dari Foodbank of Indonesia (FOI). FOI bergabung di gerakan sosial ini untuk memastikan bahwa semua donasi yang telah dilakukan dengan pembelian produk Heinz ABC di Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret diberikan kepada pihak yang tepat," ujar Pendiri FOI Hendro Utomo.



Simak Video "Veronica Tan Bikin Layanan Homecare untuk Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mul)