Senin, 11 Mei 2020 11:54 WIB

Rendah Gula, Ini 3 Makanan Nikmat Buat Diabetesi Saat Buka Puasa

Abu Ubaidillah - detikHealth
diabetes Foto: Shutterstock
Jakarta -

Banyak orang tentu ingin mencicip yang manis-manis saat berbuka puasa. Namun makanan yang manis kebanyakan mengandung gula dan bila dikonsumsi berlebihan tentu akan berdampak buruk terhadap kesehatan, terutama para penderita diabetes atau diabetesi.

Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita menyebut anjuran dari Kementerian Kesehatan asupan gula orang dewasa normal adalah tidak boleh lebih dari 50 gr/hari atau setara 4 sendok makan.

"Tidak ada minimal asupan gula pada diabetesi tapi seminimal mungkin karena di dalam tubuh kita, hasil metabolisme karbohidrat yang dikonsumsi yaitu glukosa atau gula," ujar dr Adeline dalam keterangan tertulis, Senin (11/5/2020).

Meski demikian, para diabetesi tetap bisa makan makanan yang nikmat saat berbuka puasa dengan tetap menghindari gula. Dilansir dari Wide Open Eats, beberapa makanan untuk berbuka puasa yang nikmat namun tetap aman dan rendah gula antara lain:

1. Kue Tart Apel Tanpa Gula

Bila anda benar-benar ingin merasakan hidangan buka puasa yang nikmat, Anda bisa mencoba tart apel yang bebas gula. Makanan yang dibuat dari irisan apel, kayu manis, lemon, saus apel tanpa pemanis, dan sedikit tepung jagung pasti membuat lidah bergoyang.

2. Yoghurt Stroberi

Menu ini mungkin adalah makanan beku rendah gula termudah yang bisa dibuat. Dengan hanya menggunakan yoghurt, stroberi, dan tambahkan sirup sebagai pengganti gula. Tentu ini akan menjadi sajian berbuka puasa yang nikmat.

3. Kue Cokelat Tanpa Gula

Cokelat adalah bahan makanan yang manis. Anda bisa menyajikannya sebagai kue cokelat kering tanpa menambah gula. Rasa lezatnya tetap terasa dan tentunya tidak mengandung banyak gula. Menu ini akan disukai berbagai kalangan, mulai dari orang tua, dewasa, hingga anak-anak.

Meski demikian menurut dr. Adeline, para diabetesi tetap harus membatasi konsumsi makanan yang manis.

"Diabetesi masih boleh konsumsi makanan bergula, tapi bukan berarti Anda boleh makan cake/boba setiap hari. Batasi konsumsi makanan tinggi gula hanya di momen khusus saja, misalnya ulang tahun, atau hanya di akhir pekan saja," tambah dr Adeline.

Bila tetap ingin ada rasa gula, para diabetesi dapat menambahkan Diabetasol Sweetener ke menu-menu tersebut sebagai pengganti gula dengan pemanis alami yang mengandung nol kalori sehingga aman bagi para diabetesi.

Kandungan powder dalam Diabetasol juga bisa dijadikan sebagai pengganti santan yang tidak baik dikonsumsi pada diabetesi. Setiap porsinya mampu mencukupi kebutuhan kalori hingga 260 kkal.

Selain itu, Diabetasol yang memiliki kandungan karbohidrat lepas lambat, tinggi serat, protein, omega 3 dan vitamin (vitamin A, C, E) dan zinc untuk bantu jaga gula darah dan jaga daya tahan tubuh agar lancar puasanya.

(prf/ega)