Senin, 11 Mei 2020 15:53 WIB

Psikolog: Kerumunan Saat McD Sarinah Tutup Tanda Kurang Empati

Ayunda Septiani - detikHealth
Restoran siap saji McDonalds Sarinah akan tutup permanen. Yuk lihat lagi sudut-sudut penuh cerita di gerai McD pertama di Indonesia ini. Gerai McD Sarinah tutup mulai 10 Mei 2020 (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Gerai McDonald's Sarinah tutup pada Minggu (10/5/2020) membuat sebagian masyarakat menjadi emosional karena punya banyak kenangan khusus di sana. Sayangnya di tengah proses penutupan gerai yang sudah beroperasi selama 30 tahun ini, ramai warga yang berkunjung ke sana dan ini menimbulkan kekhawatiran.

Terlihat dalam postingan yang viral bahwa warga berkerumun tidak mematuhi aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang masih berlaku di masa pandemi virus Corona. Apakah hal ini menunjukkan orang sudah mulai jenuh dan stres karena terlalu lama di rumah?

Praktisi psikologi dan juga penulis buku, Nuzulia Rahma Tristinarum, mengatakan bahwa peristiwa ini bukan menunjukkan kejenuhan seseorang dan ingin jalan-jalan keluar rumah, melainkan kurangnya kemampuan untuk mengontrol emosi dan kurangnya empati.

"Peristiwa tersebut bukan menunjukkan kejenuhan seseorang dan ingin jalan-jalan atau keluar rumah tetapi lebih menunjukkan adanya kurangnya kemampuan dalam menggunakan akal dan hati nuraninya, kurangnya kemampuan mengontrol emosi dan kurangnya empati, Karena masih mengedepankan emosi dan kepentingan pribadi," jelasnya saat dihubungi detikcom, Senin (11/5/2020).

Rahma menambahkan, agar dapat mengontrol emosi, khususnya dalam situasi tersebut dan kondisi saat ini maka sebaiknya kita sama-sama menggunakan akal dan hati nurani untuk memikirkan dampaknya.

"Sebaiknya gunakan akal kita. Coba berpikir dan tanya diri sendiri apakah yang akan kita lakukan ini bermanfaat? Seberapa pentingnya sih sampai harus dilakukan? Apa dampak ke depannya dari perilaku yang kita lakukan? Apakah perilaku kita dapat menyebabkan dampak buruk bagi orang lain?" pungkasnya.



Simak Video "Sebaper Apa Sih sampai Langgar PSBB di McD Sarinah?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)