Selasa, 12 Mei 2020 12:36 WIB

Rentan akan Virus, Ini Cara Jaga Kondisi Tubuh Lansia

Angga Laraspati - detikHealth
ABC-Gerakan untuk Lansia di Bulan Ramadhan Foto: dok Heinz ABC
Jakarta -

Penyebaran virus COVID-19 disebut lebih rentan terhadap lansia. Seiring dengan pertambahan usia, tak heran jika daya tahan tubuh lansia pun juga ikut mengalami penurunan. Akibatnya, tubuh lansia pun menjadi lebih mudah lemah dan rentan terkena penyakit dan virus. Guna menghindari hal tersebut, menjaga kondisi tubuh sangatlah diperlukan agar bisa tetap sehat.

Dilansir dari Healthline, ada banyak cara yang bisa dilakukan para lansia agar bisa tetap fit sepanjang hari. Seiring bertambahnya umur, melakukan aktivitas fisik sangatlah diperlukan untuk meningkatkan sistem imun. Olahraga ringan seperti berjalan, yoga, bersepeda, dan berenang bisa jadi pilihan bagi para lansia.

Di tengah pandemi, mencuci tangan sangat diperlukan bagi siapapun termasuk lansia. Virus dapat hidup di permukaan hingga 24 jam. Mencuci tangan dengan sabun antibakteri dapat melindungi tubuh terhadap penyakit dan virus.

Selain kedua hal tersebut, mengonsumsi makanan sehat juga sangat diperlukan. Guna memenuhi nutrisi tubuh, lansia dianjurkan untuk melakukan diet sehat dengan makan sayuran, buah-buahan, daging tanpa lemak dan membatasi konsumsi makanan bergula. Terpenuhinya nutrisi tubuh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi diri dari virus dan bakteri berbahaya.

Dalam mendukung terpenuhinya nutrisi lansia selama Ramadan, Heinz ABC berinisiatif untuk membantu para lansia lewat Gerakan Untuk Lansia di Bulan Ramadan. Hal ini dilakukan terkait kondisi lansia yang lebih rentan terhadap infeksi virus COVID-19 dan penyakit lainnya.

"Sebagai salah satu merek makanan terkemuka di Indonesia, kami berkomitmen untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Komitmen ini tidak pernah lebih kuat daripada periode menantang saat ini. Gerakan Untuk Lansia di Bulan Ramadan yang kami buat bertujuan untuk mendukung lansia di bulan Ramadan, di saat pandemi ini terjadi. Kami juga ingin untuk mengajak publik menyebarkan kebaikan selama bulan Ramadan," ujar Managing Director Kraft Heinz ABC Indonesia dan Papua Nugini Steven Debrabandere, dalam keterangan tertulis, Kamis (7/5/2020).

Melalui program ini, Heinz ABC mengajak para konsumen untuk ikut serta berdonasi dengan membeli produk ABC di Alfamart, Alfamidi, serta Indomaret. Setiap membeli produk ABC, konsumen telat ikut serta mendonasikan Rp 1.000 kepada para lansia. Nantinya, donasi ini akan disalurkan ke para lansia di 8 wilayah di Pulau Jawa yakni DKI Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung, Solo, DI Yogyakarta, Surabaya, dan Pasuruan.

Sebagai salah satu perusahaan ternama di industry FnB, Heinz ABC yakin selama pandemi ini, masyarakat perlu saling membantu dan mendukung terutama kepada lansia.

"Ini bukan hanya tentang mereka yang paling rentan terhadap virus COVID-19, tetapi dengan inisiatif ini, Heinz ABC ingin meminta masyarakat Indonesia untuk saling membantu dalam cara mereka. Mari bersama-sama kita membantu lansia di masa pandemi ini" ujarnya.



Simak Video "Kemenkes: Lansia Perlu Hati-hati Gunakan Herbal untuk Atasi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)