Selasa, 12 Mei 2020 10:42 WIB

Cegah Maag, Ini 5 Menu untuk Makan Sahur dan Berbuka Puasa

Abu Ubaidillah - detikHealth
sakit maag Foto: shutterstock
Jakarta -

Maag merupakan salah satu penyakit yang mengganggu dan berbahaya. Apabila tidak diobati, maag dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit lain. Medical Manager Divisi Kalbe Consumer Health PT Kalbe Farma TBK, dr Helmin Agustina Silalahi menyebut awal puasa biasanya banyak yang mengeluh sakit maagnya kambuh, hal ini disebabkan karena penyesuaian lambung terhadap pola makan.

"Penyakit fatal dapat terjadi jika sakit maag tidak ditatalaksana dengan baik, karena gejala sakit maag dapat juga merupakan gejala dari suatu penyakit yang serius," ujar dr Helmin kepada detikcom, beberapa waktu lalu.

Maka dari itu maag perlu dinetralisir. Saat Ramadhan, ada beberapa rekomendasi makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita Maag ketika berbuka atau sahur. Dilansir dari Pulse, berikut adalah 5 makanan yang direkomendasikan untuk penderita maag.

1. Pisang Raja

Pisang mengandung nutrisi yang membantu menetralisir selaput lendir yang meradang dan iritasi.Pisang juga memiliki sifat antibakteri yang baik untuk melawan maag. Pisang raja adalah jenis terbaik untuk penderita maag.

2. Yoghurt

Yoghurt mengandung mikroorganisme yang menghambat maag. Juga dikatakan, yoghurt dapat menyembuhkan bisul lebih cepat dari apapun. Yoghurt Yunani adalah yang paling ampuh, berbeda dengan yoghurt manis yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

3. Buah dan Sayuran

Sayur dan buah-buahan seperti wortel, kangkung, brokoli, jus kubis, anggur, aprikot, dan kiwi merupakan makanan yang baik untuk melindungi lapisan perut dan usus karena mengandung beta-karoten dan vitamin C. Buah-buahan seperti beri juga mengandung antioksidan tinggi yang menurunkan iritasi pada lambung.

4. Ikan Berminyak

Ikan seperti salmon, makarel, dan sarden mengandung asam lemak omega 2 yang baik untuk mengurangi risiko maag. Mereka memproduksi prostaglandin yang melindungi lapisan lambung dan usus.

5. Madu

Madu juga dikenal untuk melawan bakteri, itu sebabnya madu juga menjadi makanan yang direkomendasikan untuk penderita maag. Agar mendapat hasil maksimal, maka konsumsilah madu yang belum diolah.

"Pada dasarnya yoghurt, madu, pisang, ikan, sayur dan buah-buahan baik untuk siapa saja, termasuk penderita sakit maag karena mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun akan menjadi masalah jika seseorang memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap salah satu makanan di atas," lanjut dr Helmin.

Jadi, masing-masing orang harus memperhatikan tubuhnya sendiri apakah alergi pada salah satu makanan di atas atau tidak. Jika alergi, sebaiknya jangan dikonsumsi untuk menghindari terjadinya sesuatu yang lebih buruk serta bisa memilih makanan lain yang bisa mencegah lambung.

Selain dengan mengonsumsi makanan, bila maag melanda, maka dapat dinetralisir dengan menggunakan Promag yang diformulasi dengan hydrotalcite dan magnesium hydroxide yang membantu percepat redakan nyeri di lambung.

Konsumsi masing-masing 1 tablet Promag pada saat sahur dan berbuka untuk menjaga agar Maag tidak kambuh. Dengan lambung yang nyaman, puasa pun akan berjalan dengan lancar.



Simak Video "Obat Maag Ranitidin Ditarik, BPOM Umumkan Daftar Obat Pengganti"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)