Selasa, 12 Mei 2020 12:05 WIB

Viral Sinetron Bajaj Bajuri Ramal Virus Corona 17 Tahun Lalu, Ini Faktanya

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral Bajaj Bajuri disebut ramal Corona. Viral Bajaj Bajuri ramal virus Corona. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta -

Di media sosial viral potongan video dari salah satu episode sinetron komedi Bajaj Bajuri. Netizen menyebut Bajaj Bajuri telah meramal kedatangan virus Corona 17 tahun lalu.

"Bajaj bajuri 17 tahun yang lalu.. bahas virus corona.. kok bisa??" kata salah satu pengguna Facebook yang turut membagikan cuplikan video.

Video berdurasi 18 detik yang ramai dibagikan menunjukkan tokoh Said sedang bercerita tentang virus menular baru dari China pada tokoh Oneng dan tokoh Mpok Hindun. Virus ini dapat membuat seseorang mengalami demam, batuk-batuk, hingga kematian.

"Itu penyakit menular dari China Mpok. Gejalanye panas dingin sama batuk. Bahaya Mpok. Penyakit itu bisa nular, yang udah kena bisa meninggal," kata Said dalam cerita.

Cuplikan video tersebut diambil dari Bajaj Bajuri episode 205 dengan judul "Katakan Saja Ogah Berpuasa". Faktanya episode itu memang sedang membahas penyakit severe acute respiratory syndrome (SARS) yang memang disebabkan salah satu jenis virus Corona.

Wabah virus SARS sempat menjadi ancaman pada tahun 2003 sebelum kemudian akhirnya mereda dan 'hilang' berkat upaya penanganan global.

Bajaj Bajuri yang mulai tayang pada tahun 2002 menyinggung fenomena virus Corona SARS. Sementara yang baru-baru ini mewabah adalah virus Corona COVID-19. SARS dan COVID-19 memiliki gejala yang mirip.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)