Selasa, 12 Mei 2020 14:46 WIB

Bajaj Bajuri dan Sederet 'Ramalan' Corona yang Bikin Heboh

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral Bajaj Bajuri disebut ramal Corona. Viral ramalan bajaj bajuri soal Corona. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta -

Baru-baru ini ramai soal ramalan virus Corona COVID-19 dari potongan video sinetron Bajaj Bajuri. Belakangan diketahui potongan video yang mendadak viral tersebut tengah membicarakan penyakit severe acute respiratory syndrome (SARS) yang mewabah tahun 2003 silam.

Selain sinetron Bajaj Bajuri, beberapa hal juga sempat dikaitkan dengan 'ramalan' soal Corona. Mulai dari The Simpsons hingga novel keluaran tahun 1981, berikut beberapa 'ramalan' soal Corona yang dirangkum detikcom pada Selasa (12/5/2020).

Prediksi kartun 'The Simpsons'

Postingan Facebook 20 Februari lalu menunjukkan gambar dari episode tahun 1993 di mana karakter animasi 'The Simpsons', Homer Simpson, dan Principal Skinner, sedang sakit. Sementara gambar lain menunjukkan penyiar membacakan selembar kertas dengan menyinggung soal 'virus Corona' berlatar kucing yang muncul di layar belakang.

Setelah ditelusuri ternyata gambar tersebut telah diedit. Tiga gambar berasal dari sebuah episode yang disebut 'flu Osaka' di mana seorang pekerja pabrik batuk dan dia jatuh sakit. Namun, teks di balik penyiar pada gambar keempat, tidak mengatakan 'virus Corona'.

Novel End of Days

Isi dari novel End of Days sempat membuat geger karena disebut meramalkan adanya virus Corona COVID-19. Sang penulis Sylvia Browne, disebut memprediksi adanya penyakit pernapasan pada tahun 2020 yang kemudian dikaitkan dengan virus Corona COVID-19.

"Pada sekitar 2020 penyakit seperti pneumonia akan menyebar ke seluruh dunia. Menyerang paru-paru dan saluran bronkial dan sulit disembuhkan dengan semua jenis perawatan yang ada. Lebih membingungkan lagi penyakit itu akan lenyap secara tiba-tiba dan kembali menyerang sepuluh tahun kemudian dan menghilang secara keseluruhan," tulis isi novel keluaran tahun 2008.

Novel tahun 1981

Saat wabah Corona muncul, beberapa orang menunjukkan prediksi terkait Corona dalam novel keluaran tahun 1981 dengan judul 'The Eyes of Darkness' oleh Dean Koontz. Hal yang diceritakan dalam buku tersebut berawal dari kisah seorang ibu yang berusaha mencari tahu putranya yang hilang secara misterius dalam perjalanan berkemah.

Anaknya disebut tertangkap di Wuhan, China, tempat di mana adanya sebuah virus yang mematikan. Karakter yang disebut bernama Dombey dalam novel ini lalu menceritakan sebuah laporan tentang virus mematikan yang disebut 'Wuhan-400'. Disebutkan, 'Wuhan 400' dikembangkan di laboratorium RDNA di luar kota Wuhan, dan itu adalah strain mikroorganisme buatan manusia.

Bagian ini kemudian memberikan perincian yang rumit tentang bagaimana virus mempengaruhi tubuh manusia. Hal ini dinilai sebagian orang mengerikan karena buku keluaran tahun 1981 ini memiliki kemiripan antara 'Wuhan-400' dan virus Corona COVID-19.

Buku Iqro

Media sosial heboh soal buku Iqro yang biasa dipakai belajar bahasa Arab disebut memprediksi virus Corona. Istri Opick, Bebi Silvana, termasuk salah satu yang membagikan informasi ini dan belakangan meminta maaf karena keliru dan sudah menimbulkan kehebohan.

Virus Corona sendiri sebetulnya sudah diidentifikasi oleh peneliti sejak tahun 1930-an. Menurut buku kedokteran Medical Microbiology edisi ke-18 oleh Joseph S.M. Peiris, virus Corona ini awalnya ditemukan pada ayam ternak.

"Virus Corona pada manusia (HCoV) pertama kemudian ditemukan di tahun 1960-an," tulis Joseph.

Sementara itu dikutip dari halaman Lembaga Koordinasi Gerakan Taman Pendidikan Al-Quran, buku Iqro jilid 1 yang memuat tulisan arab berbunyi "qorona" baru ditulis oleh KH As'ad Humam pada tahun 1990-an. Dengan demikian anggapan penulis Iqro memprediksi virus Corona sudah terbantahkan.

Sinetron Bajaj Bajuri

Viral potongan video sinetron komedi Bajaj Bajuri di media sosial soal kedatangan virus Corona 17 tahun lalu. "Itu penyakit menular dari China Mpok. Gejalanye panas dingin sama batuk. Bahaya Mpok. Penyakit itu bisa nular, yang udah kena bisa meninggal," kata Said dalam cerita.

Belakangan diketahui episode 205 berjudul "Katakan Saja Ogah Berpuasa" ini memang sedang membahas penyakit severe acute respiratory syndrome (SARS) yang mewabah tahun 2003 lalu.



Simak Video "Virus Corona Diklaim Dapat Menular Lewat Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)