Selasa, 12 Mei 2020 18:47 WIB

Minum Kopi Dua Gelas Sehari Bantu Atasi Depresi Akibat Lockdown

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Alasan kopi bikin mulas Kopi bisa bantu perbaikisuasana hati di tengah lockdown. (Foto: iStock)
Jakarta -

Demi mencegah penyebaran virus Corona COVID-19, beberapa negara memberlakukan peraturan lockdown. Tapi, di Indonesia saat ini baru menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Meski efektif mencegah penyebaran virus, kebijakan-kebijakan ini justru memberikan pengaruh pada masyarakat. Mengutip The Sun, dua per tiga dari mereka yang berusia di bawah 70 tahun disebut bisa mengalami kebosanan, stres, kecemasan, hingga depresi.

Untuk mengatasinya, para ilmuwan di Universitas Harvard mengatakan bisa dengan mengkonsumsi kopi, dua gelas per harinya.

"Meminum kopi setiap hari bisa memperkecil kemungkinan seseorang mengalami depresi," kata Dr Alan Leviton, salah satu peneliti di Harvard.

Para peneliti percaya bahwa kopi memiliki efek positif untuk kesehatan mental, dengan memblokir reseptor di otak yang berkaitan dengan bahan kimia yang menyebabkan kelelahan dan suasana hati yang tertekan.

"Efek positif ini terkait dengan sifat anti-inflamasi, anti-oksidan, dan mikrobiome yang juga bisa mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis tertentu," jelasnya.



Simak Video "Lockdown Berakhir, China Kini Hadapi Gelombang Kedua Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)