Rabu, 13 Mei 2020 11:10 WIB

Waspada! Obesitas Bisa Memperparah Infeksi COVID-19

Abu Ubaidillah - detikHealth
Diet Foto: shutterstock
Jakarta -

Kegemukan atau obesitas memiliki dampak pada berbagai masalah kesehatan, salah satunya meningkatkan risiko gejala dan komplikasi yang lebih parah jika terjangkit COVID-19.

The European Association for The Study of Obesity menyebut bahwa seseorang yang mengalami obesitas memiliki risiko keparahan komplikasi COVID-19 yang lebih tinggi.

Data penelitian pada jurnal Clinical Infectious Diseases menunjukkan bahwa penderita obesitas berisiko 2 kali lebih tinggi untuk membutuhkan perawatan khusus (acute care), dan berisiko 18 kali lebih tinggi untuk membutuhkan perawatan kritis (critical care).

Risiko tersebut semakin bertambah apabila tingkat obesitasnya semakin parah. Penyebab ini diyakini berkaitan dengan gangguan metabolik, penyakit jantung, dan gangguan pernapasan yang terjadi pada penderita obesitas. Seperti diketahui dari penelitian sebelumnya, gangguan-gangguan kesehatan ini mempengaruhi tingkat keparahan pasien COVID-19.

Sebelum terlambat, yuk jaga berat badan agar terhindar dari obesitas dengan membatasi asupan kalori, salah satunya dengan memilih camilan sehat yang rendah kalori serta mengandung lebih sedikit gula dan lemak. Apalagi sedang masa physical distancing seperti ini, kita jadi semakin mudah ngemil hingga tanpa sadar berat badan bertambah.

Bagi yang suka ngemil, bisa mencoba Tropicana Slim Hokkaido Cheese Cookies yang bebas gula dan hanya mengandung 100 kalori per sachet. Camilan ini cocok untuk mengganti camilan-camilan tinggi gula yang biasa dikonsumsi.

Selain itu membatasi asupan lemak juga bermanfaat untuk menjaga berat badan. Lemak adalah penyumbag kalori lebih besar dibandingkan nutrisi lain. Bahkan, kandungan kalori per gram lemak 2 kali lebih besar dibanding kandungan kalori pada karbohidrat dan protein.

Untuk membatasi asupan lemak, bisa dilakukan dengan memilih bahan makanan yang lebih rendah lemak seperti susu rendah lemak dibandingkan full cream atau masak dengan santan yang lebih rendah lemak.

Hindari memasak dengan cara deep-fry yang membuat minyak lebih banyak terserap ke bahan makanan. Sebagai gantinya, menumis bisa dijadikan opsi memasak yang lebih sehat.

Agar masakan lebih sehat, gunakan minyak dengan kandungan lemak jenuh rendah seperti Tropicana Slim Corn Oil atau Tropicana Slim Canola Oil. Jadi, di bulan Ramadhan Anda tetap bisa menyajikan hidangan istimewa dan nikmat untuk keluarga dengan kandungan lemak yang terkendali.

Pada masa pandemi COVID-19, Tropicana Slim juga menganjurkan untuk menjaga kebersihan secara maksimal. Misalnya rajin mencuci tangan, pakai masker saat ke luar rumah, rutin membersihkan permukaan benda, dan tetap mengaplikasikan physical distancing. Jaga kebersihannya, jaga juga berat badannya.



Simak Video "Langkah Hindari COVID-19 yang Kini Disebut Bisa Menular Lewat Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)