Kamis, 14 Mei 2020 12:48 WIB

Tes Antibodi Ini Diklaim Mampu Deteksi dengan Akurasi 100 Persen

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
rapid test Tes antibodi ini diklaim mampu deteksi dengan akurasi 100 persen virus Corona. (Foto ilustrasi: Deny Prastyo Utomo)
Jakarta -

Tes antibodi virus Corona COVID-19 besutan perusahaan Swiss diklaim pemerintah Inggris mampu deteksi virus Corona COVID-19 secara akurat 100 persen. Alat rapid test ini menggunakan sampel darah atau serologi.

Menurut Badan Obat dan Makanan AS (FDA) dan Uni Eropa, alat rapid test ini secara spesifik dapat mendeteksi virus corona SARS-CoV-2 dengan akurasi 99,8 persen dan tingkat sensitivitas 100 persen. Disebutkan alat ini tidak terkecoh dengan antibodi virus Corona lain.

Metodenya menggunakan tes serologi Elecsys Anti-SARS-CoV-2 untuk membuat antibodi. Tes serologi sendiri dilakukan untuk mencari antibodi dalam darah.

Mengutip CNN, antibodi bisa terbentuk saat tubuh terserang infeksi penyakit. Di mana bisa bersumber dari bakteri, jamur, virus, dan parasit.

Menurut Koordinator Nasional Program Pengujian Virus Corona Inggris, John Newton, pengujian antibodi sangat membantu tenaga medis dalam mengetahui penyebaran pandemi virus Corona COVID-19 di Inggris. Bahkan rencananya, ke depan dapat memprediksi seberapa kebal seorang pasien sembuh Corona agar tidak terjangkit kembali.

"Ini (antibodi buatan Roche) adalah perkembangan yang sangat positif karena tes antibodi yang sangat spesifik merupakan penanda yang sangat andal. Pada gilirannya nanti juga dapat mengindikasikan kekebalan tubuh pasien yang pernah terinfeksi virus corona," kata dia, dikutip dari CNN.



Simak Video "Pria Ceko Berhenti dari Pekerjaan Demi Produksi Ventilator Terjangkau"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)