Kamis, 14 Mei 2020 15:13 WIB

Sedekah Saat Ramadhan Tak Hanya Dapat Pahala, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Warung Sedekah di Kudus Manfaat sedekah di bulan Ramadhan bagi kesehatan. (Foto: Akrom Hazami/detikcom)
Jakarta -

Sebuah riset di Amerika Serikat melakukan uji coba pada orang yang senang memberi, dianalisis dari air liurnya. Ditemukan bahwa terjadi penambahan protein yang berperan penting menambah sistem kekebalan tubuh yaitu protein jenis A yang dikenal dengan sebutan sel kekebalan (IgA). Sel ini bertugas melindungi tubuh dari bakteri dan mikroba yang sering menyerang sistem pernapasan dan pencernaan.

Dijelaskan Ustaz Dr dr Muh Khidri Alwy, MAg, Dosen FKM Universitas Muslim Indonesia di Makassar, hasil dari riset David Klein, psikolog Amerika Serikat, menemukan seseorang merasa bahagia usai memberi sedekah. Tubuh disebut akan memproduksi sel-sel kekebalan yang dibutuhkan untuk melindungi tubuh.

dr Muh Khidri juga menjelaskan bahwa dengan berperilaku baik dan peduli terhadap orang lain akan otomatis meningkatkan sinyal di otak yang diikuti dengan meningkatnya pula tingkat kebahagiaan. Menurutnya, hal ini dilihat dari pemeriksaan functional magnetic resonance imaging (FMRI) di mana bagian stratum ventral dan korteks orbitofrontal yang mengalami peningkatan.

Di samping itu, sedekah juga akan meningkatkan hormon endorphin atau rasa senang yang meningkat dan berpengaruh pada peningkatan imunitas. Bahkan rutin sedekah disebut memiliki risiko kematian lebih rendah.

"Dengan rutin bersedekah, risiko kematian lebih rendah dalam periode 5 tahun ketimbang tidak bersedekah dan sekitar 76 persen orang yang aktif dalam kegiatan sosial mempunyai kesehatan yang lebih bagus. Selain itu, pemberian kebaikan akan menginspirasi banyak kebaikan lain seperti efek domino," jelasnya melalui rilis yang diterima detikcom dari Komunitas Literasi Gizi pada Kamis (14/5/2020).



Simak Video "Tips Aman Berpuasa bagi Pengidap Asam Lambung"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)