Kamis, 14 Mei 2020 18:01 WIB

Nikmat! Tips Tetap Sehat Makan Mi Goreng Saat Berbuka Puasa dari Ahli Gizi

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
mie goreng smoked beef Ini tips sehat buka puasa pakai mi goreng. (Foto: iStock)
Jakarta -

Rasanya yang enak dan murah meriah membuat mi goreng digemari oleh banyak orang. Apalagi kalau dimakan setelah 12 jam lebih menahan lapar saat berpuasa, pasti terasa sangat nikmat.

Ahli gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, mengatakan sebenarnya mi goreng tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Tetapi jika hanya untuk sesekali, diperbolehkan.

"Boleh, cuma mi goreng nggak terlalu bagus, karena kandungannya karbohidrat doang dan seratnya nggak ada. Jadi mudah menaikan gula darah dan untuk penderita diabetes dan kegemukan nggak bagus," kata dr Titi kepada detikcom, Kamis (14/5/2020).

Tetapi jika tetap ingin mengonsumsi mi goreng saat berbuka puasa, dr Titi menganjurkan untuk menambahkan sayur dan juga protein di dalamnya agar lebih sehat ketika dimakan.

"Harus ada sayur, bisa yang berwarna-warni. Kalau misalnya sawi, ada sawi putih, sawi hijau terus pakai tomat dan wortel. Sayur itu sangat penting selain dia mengandung vitamin dan mineral, dia itu mengandung serat," jelas dr Titi.

"Terus kalau misalkan biar ada proteinnya mungkin bisa pakai telur," tuturnya.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)