Jumat, 15 Mei 2020 13:00 WIB

Peneliti Prediksi Corona Akan Hilang Sebelum Ada Vaksinnya, Kok Bisa?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
A priest wears a FPP3 face mask during a funeral ceremony at the cemetery of Grassobbio, Lombardy, on March 23, 2020, during the COVID-19 new coronavirus pandemic. (Photo by Piero CRUCIATTI / AFP) Peneliti di Italia prediksikan virus Corona akan hilang sebelum vaksin muncul. (Ilustrasi: AFP/PIERO CRUCIATTI)
Jakarta -

Direktur Institut Penelitian Negosiasi Farmakologis Mario Negri di Milan, Dr Giuseppe Remuzzi, mengatakan bahwa potensi dari virus Corona COVID-19 bisa menghilang sebelum vaksin muncul. Menurutnya, potensi virus itu mulai melemah dari hari ke hari.

"Mungkin bisa menghilang (virus) sebelum vaksin ditemukan untuk menghentikan penyebarannya. Karena potensinya mulai melemah dari hari ke hari," katanya yang dikutip dari Al Arabiya, Jumat (15/5/2020.

Menurut Dr Remuzzi penyakit akibat COVID-19 ini tidak begitu parah pada orang yang baru-baru ini terinfeksi, dibandingkan dengan orang yang terinfeksi sebulan yang lalu. Ia menambahkan, jumlah orang yang membutuhkan perawatan intensif karena virus ini di Italia pun berkurang.

Namun, sebagian ahli medis memperingatkan bahwa virus ini bisa ada di dalam populasi manusia dan tidak akan hilang dengan sendirinya. Bahkan mereka mulai mengingatkan akan munculnya gelombang kedua, jika pembatasan mulai dicabut dan mungkin hanya bisa diatasi saat vaksin muncul.

Meski belum tahu bagaimana virus ini kehilangan potensinya, Dr Remuzzi percaya bahwa setiap orang mungkin telah mengembangkan imunitas terhadap virus Corona di dalam tubuhnya. Tetapi, kekebalan komunitas atau herd immunity ini masih menjadi perdebatan di komunitas medis.



Simak Video "Eijkman Identifikasi Tipe Virus untuk Vaksin Corona di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)