Jumat, 15 Mei 2020 19:21 WIB

3 Fakta Kanker Usus yang Diidap Henky Solaiman Sebelum Meninggal

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Aktor Henky Solaiman mengidap kanker usus sebelum meninggal (Foto: dok. Instagram Henky Solaiman)
Jakarta -

Aktor senior Henky Solaiman meninggal dunia Jumat (15/5/2020) sore pukul 16:40 WIB. Sebelumnya, ia diketahui mengidap kanker usus.

Kabar meninggalnya Henky Solaiman disampaikan oleh Fajar Nugros dalam sebuah unggahan di Instagram. Sebuah foto hitam putih menyertai kabar duka tersebut.

Gara-gara kanker usus yang diidapnya, Henky sempat pamit dari dunia sinetron yang selama ini digelutinnya, pada Januari 2020.

Kanker usus atau kanker kolon merupakan jenis kanker yang bermula di usus besar. Ini adalah bagian paling ujung dari saluran pencernaan.

Umumnya berawal dari benjolan kecil yang disebut polip. Seiring berjalannya waktu, polip berkembang menjadi kanker usus. Skrining teratur dianjurkan untuk mendeteksi polip sebelum berkembang menjadi ganas.

Sering juga disebut kanker kolorektal karena menyerang area kolon (usus besar) dan rektum (dubur). Dikutip dari Mayo Clinic, berikut 5 fakta kanker usus yang perlu diketahui.

1. Penyebab

Tidak diketahui pasti penyebab kanker usus. Tetapi beberapa hal bisa menjadi faktor risikonya, seperti:

- Usia. Biasanya dialami umur 50 tahun ke atas.
- Pernah kerabat dengan riwayat polip atau kanker usus.
- Diet atau pola makan kurang serat dan tinggi lemak.
- Jarang olahraga.
- Kegemukan dan obesitas.

2. Gejala

Perubahan pola buang air besar (BAB) merupakan salah satu gejala yang harus diwaspadai sebagai gejala kanker usus. Terlebih bila disertai bercak darah. Gejala lainnya antara lain:

- Rasa tidak nyaman di perut
- BAB tidak pernah tuntas
- Cepat letih
- Berat badan turun tanpa sebab jelas.

3. Pencegahan

Skrining merupakan salah satu cara mencegah dampak buruk kanker usus. Orang-orang di atas usia 50 tahun dan punya riwayat kanker usus disarankan untuk melakukan skrining rutin.

Perubahan gaya hidup juga disarankan untuk mencegah kanker usus. Memperbaiki pola makan dan olahraga teratur bisa menurunkan risiko.



Simak Video "Top 5: Henky Solaiman Meninggal, Selebrasi Penutupan McD Sarinah"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)