Jumat, 15 Mei 2020 19:23 WIB

Aktor Henky Solaiman Meninggal, Kenali Gejala Kanker Usus yang Diidapnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Aktor Henky Solaiman meninggal dunia dan sempat idap kanker usus. (Foto: dok. Instagram Henky Solaiman)
Jakarta -

Salah satu aktor senior Indonesia, Henky Solaiman, dikabarkan meninggal dunia. Berdasarkan informasi yang didapatkan, Henky meninggal sore tadi, Jumat (15/5/2020) pada pukul 16.40 WIB.

Jenazah Henky disemayamkan di rumah duka, di Kedoya, Jakarta Barat. Hal ini pun disampaikan oleh sutradara kondang, Joko Anwar di media sosial Twitter.

"Selamat jalan Om Henky Solaiman. Makasih untuk semua film dan inspirasinya. Semoga Indonesia bisa punya banyak aktor hebat seperti Om. Istirahat yang tenang ya, Om," tulis sutradara Joko Anwar di Twitter.

Diketahui, sebelumnya Henky Solaiman ini mengidap kanker usus yang membuatnya harus pamit dari dunia sinetron pada Januari 2020 lalu.

Kanker usus merupakan penyakit langka yang menyerang usus. Sel-sel di dalam jaringan usus akan bermutasi, sehingga tumbuh tak terkendali dan membentuk tumor ganas.

Menurut dokter ahli pencernaan sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD- KGEH, MMB, kanker usus awalnya muncul tanpa gejala apapun, hingga sulit untuk dideteksi. Tetapi, adapun orang-orang yang berisiko, seperti berusia lebih dari 50 tahun, perokok, dan punya gaya hidup yang buruk.

"Gejala yang timbul kalau kanker usus sudah terjadi antara lain buang air besar berdarah, pola buang air besar (BAB) yang berubah baik mudah diare atau sembelit secara bergantian, sakit perut berulang, berat badan turun, pucat tanpa sebab yang jelas," kata Prof Ari dalam keterangannya kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Adapun gejala lain yang bisa muncul seperti adanya benjolan di perut. Jika ini ditemui, biasanya dokter akan langsung melakukan pemeriksaan kolonoskopi dan dilanjut dengan biopsi.

Dua cara ini termasuk metode utama untuk melacak dan menemukan kanker usus tersebut. Jika sudah ditemukan, nanti akan dilanjut dengan memilih jenis metode yang tepat untuk menanganinya.



Simak Video "Top 5: Henky Solaiman Meninggal, Selebrasi Penutupan McD Sarinah"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)
Debat Capres AS
×
Biden vs Trump
Biden vs Trump Selengkapnya