Sabtu, 16 Mei 2020 09:25 WIB

Wajib Tahu! Ini 3 Jenis Termometer untuk Ketahui Suhu Tubuh

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHealth
Termometer Foto: shutterstock
Jakarta -

Dalam masa pandemi COVID-19 ini, kamu harus berhati-hati dengan menjaga kesehatan melalui berbagai protokol kesehatan seperti physical distancing atau mengikuti anjuran pemerintah untuk PSBB.

Terkadang jika badan tidak fit untuk melakukan berbagai kegiatan, kesehatanmu juga bisa memburuk dan mengalami demam dengan suhu tinggi. Untuk mengetahui seberapa tinggi suhu yang dimiliki, biasanya digunakan sebuah alat bernama termometer.

Namun ternyata ada beberapa jenis termometer yang diperjualbelikan di pasaran. Sebenarnya apa saja sih jenis thermometer yang ada. Lalu apa kelebihannya dari setiap termometer tersebut? Dilansir dari mayoclinic.org berikut beberapa jenis termometer beserta kelebihannya.

Termometer Digital

Termometer digital regular menggunakan sensor panas elektronik untuk mengukur temperatur tubuh. Biasanya termometer jenis ini dapat digunakan pada bagian mulut ataupun ketiak. Kelebihan dari termometer digital adalah dapat digunakan dengan cepat pada bagian mulut atau ketiak, dengan waktu pengukuran suhu kurang dari semenit. Selain itu termometer jenis ini lebih aman digunakan bagi semua kalangan.

Termometer Digital Telinga

Termometer digital telinga juga dapat dikenal sebagai termometer tympatic. Cara mengukur suhu tubuhnya berbeda dengan termometer digital biasa yaitu dengan sinar infra merah untuk mengetahu suhu di dalam telinga. Kelebihan dari termometer kuping ini adalah kenyamanan yang diberikan untuk mengukur suhu tubuh pada anak-anak dan bayi di atas 6 bulan. Jika diposisikan pada bagian telinga yang tepat, pengukuran suhu tubuh juga cepat dan cukup akurat.

Termometer Temporal Artery

Termometer temporal artery atau biasa dikenal sebagai termometer dahi. Menggunakan scanner infra merah untuk mengecek suhu tubuh memlalui temporal artery yang berada di dahi. Kelebihannya adalah dapat dengan cepat melakukan pengecekan tanpa harus membuat risih pengguna. Menurut beberapa penelitian terbaru, termometer ini juga cocok untuk mengecek suhu tubuh bayi yang baru lahir.

Nah, jika kamu ingin memiliki termometer seperti termometer dahi, cobalah membuka e-Catalogue Transmart. Dapatkan berbagai macam produk pencegahan untuk tetap sehat melawan COVID-19 seperti masker, sarung tangan, termometer, hand sanitizer dan sebagainya dengan harga spesial.

Semua produk pencegahan COVID-19 tersebut bisa kamu dapatkan lengkap lewat e-Catalogue Transmart yang langsung bisa diakses melalui aplikasi detikcom. Caranya, dengan mengklik menu 'Layanan' kemudian pilih Transmart. Promo ini berlangsung mulai dari 15 Mei hingga 28 Mei 2020.



Simak Video "Viral Dokter Ragukan Termometer Tembak, Banyak yang Alami Serupa"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)