Sabtu, 16 Mei 2020 08:19 WIB

Bila Nanti Sudah Ada Vaksin Corona, Siapa yang Akan Dapat Duluan?

Firdaus Anwar - detikHealth
Pemerintah Jerman Salurkan 750 Juta Euro Untuk Percepat Pengembangan Vaksin Corona Pola distribusi vaksin Corona masih jadi pertanyaan. (Foto: DW News)
Jakarta -

Saat ini ilmuwan di seluruh dunia dari berbagai instansi tengah berlomba-lomba menciptakan vaksin untuk virus Corona COVID-19. Terkait hal tersebut, muncul pertanyaan bagaimana nanti pola distribusinya bila vaksin sudah berhasil diciptakan? Siapa yang akan dapat duluan?

Beberapa waktu lalu salah satu raksasa perusahaan farmasi Prancis, Sanofi, berkomentar akan mendahulukan Amerika Serikat (AS) karena dianggap sebagai pendana utama.

Hal ini langsung dikritik oleh Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe yang menyebut akses terhadap vaksin Corona adalah hak semua orang.

Akhirnya pihak Sanofi menarik kembali pernyataannya dan secara hati-hati menyebut bahwa vaksin akan diusahakan tersedia untuk AS, Prancis, dan Eropa.

"Vaksin COVID-19 sudah jadi barang kebutuhan dunia yang sudah seharusnya bisa diakses secara setara dan universal," kata juru bicara Uni Eropa, Stefan de Keersmaecker, seperti dikutip dari BBC, Sabtu (16/5/2020).

Masalah vaksin dianggap memang jadi salah satu topik sensitif di dunia. Banyak lembaga berusaha mengembangkannya namun tidak semua berpartisipasi secara global.



Simak Video "Eijkman Identifikasi Tipe Virus untuk Vaksin Corona di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)