Minggu, 17 Mei 2020 07:22 WIB

Strategi 'Palu Godam' yang Selamatkan Vietnam dari Corona

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Hingga kini, Vietnam tidak memiliki satu pun kasus kematian akibat virus Corona. Vietnam pun menjadi sorotan di dunia karena dinilai berhasil tangani Corona. Vietnam dinilai sukses tangani virus Corona (Foto: Getty Images/Linh Pham)
Jakarta -

Dengan hanya 300-an kasus positif dan tanpa kematian sejauh ini, Vietnam dinilai sukses menangani virus Corona COVID-19. Banyak yang lantas meragukan, apakah negara ini benar-benar mengungkap data yang sebenarnya.

Namun berbagai langkah yang oleh Bloomberg disebut sebagai pendekatan 'palu godam' yang diambil Vietnam di awal-awal wabah oleh beberapa pakar dinilai mematahkan keraguan tersebut.

Sejak 2 kasus terdeteksi di Ho Chi Minh City 23 Januari silam, Vietnam menggalakkan pemeriksaan. Dalam hitungan pekan, penerbangan domestik dan internasional dihentikan, dan lebih dari 100.000 orang dikarantina.

Dikutip dari news.com.au. analis dari Australian Strategic Policy Institute, Dr Huong Le Thu mengatakan para ahli epidemologi tidak memiliki alasan untuk mempertanyakan data positif dari Vietnam.

"Sejak sangat awal, dipahami bahwa ini adalah sesuatu yang sangat serius, virus yang bisa menginfeksi siapa saja," katanya.

"Bukan hanya orang yang terdampak, tetapi semua orang di sekitarnya," lanjutnya.

Pelacakan dan pemeriksaan yang masif juga turut berperan. Pada Januari, Vietnam hanya memiliki 3 laboratorium pemeriksaan, tetapi pada April jumlahnya telah mencapai 112.

Akhir bulan lalu, tercatat 213.743 pemeriksaan telah dilakukan dengan hasil positif sebanyak 270 kasus. Jumlah kasus positif saat ini berada di angka 312.



Simak Video "Percepat Target Vaksin COVID-19, WHO: Butuh Dana Rp 449 T"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)