Minggu, 17 Mei 2020 09:24 WIB

Cara Mengatasi Nyeri di 5 Bagian Tubuh Paling Tersiksa Selama WFH

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Business woman drinking coffee to get some energy for working overtime Bekerja dari rumah kadang-kadang lebih menyiksa (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Mulai merasakan pegal-pegal setelah sekian lama bekerja dari rumah atau work from home? Banyak yang mengeluhkan hal serupa semenjak harus bekerja dengan tempat duduk alakadarnya.

Di kantor, desain dan setting meja kerja mungkin sudah diperhitungkan agar ergonomis dan nyaman untuk dipakai untuk duduk berjam-jam. Tata ruang pun demikian, pencahayaan tentu sudah diatur agar tidak silau dan bikin mata cepat lelah.

Ketika harus bekerja di rumah, tidak semua orang bisa menyediakan segala kenyamanan tersebut. Ada kalahnya harus bekerja di meja makan, sambil selonjor di ruang keluarga, dan mungkin tanpa pendingin ruangan.

Dengan berbagai keterbatasan yang tidak biasa dihadapi sebelumnya, berbagai keluhan sering muncul pada beberapa bagian tubuh berikut.

1. Leher dan bahu

Tulang belakang, termasuk leher, paling banyak terdampak oleh kondisi tempat kerja dari rumah yang seadanya. Ketika bagian tersebut mulai terasa nyeri, itu tandanya postur tubuh tidak ideal.

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah meninggikan posisi laptop sehingga tidak terlalu membungkuk. Keluhan nyeri di leher paling sering terjadi karena terlalu lama menunduk.

2. Pergelangan tangan

Carpal tunnel syndrome yang ditandai dengan nyeri di pergelangan tangan dan sekitarnya, sangat umum ditemukan pada pekerja kantoran yang sering bekerja dengan ponsel dan komputer. Keluhan ini makin sering dialami ketika bekerja dari rumah, lagi-lagi karena kondisinya lebih tidak ideal.

Para ahli menyarankan untuk menjaga posisi pergelangan tangan serata dan selurus mungkin saat bekerja. Posisi terlalu menekuk dalam waktu lama akan meningkatkan tekanan pada saraf di bagian tersebut dan memicu nyeri.

3. Punggung

Sama seperti leher, keluhan pada punggung selalu berhubungan dengan postur tubuh. Duduk dengan posisi tidak ideal karena tidak punya meja dan kursi khusus untuk bekerja berjam-jam, bisa menjadi penyebab utamanya.

Solusinya sama, yakni menjaga postur agar tidak membungkuk. Meninggikan posisi komputer, misalnya dengan dudukan khusus, bisa mengurangi risiko nyeri punggung.

4. Area panggul

Jika duduk terlalu membungkuk bisa memicu nyeri tulang belakang, duduk terlalu tegak kadang-kadang bisa menyiksa area panggul. Ditandai dengan perasaan tidak nyaman ketika berdiri setelah duduk terlalu lama.

Disarankan untuk sedikit memundurkan sandaran sehingga panggul lebih longgar. Jika tidak memungkinkan, maka cara terbaik adalah dengan sering-sering beranjak dari tempat duduk.

5. Mata

Kelelahan juga bisa terjadi pada mata. Terlalu lama menatap layar gadget dengan pencahayaan ruangan yang ala kadarnya, mata jadi cepat kering dan bahkan terasa buram. Kadang-kadang disertai sakit kepala.

Jika memungkinkan, istirahatkan mata secara berkala. Pada pakar menyarankan aturan 20-20-20 yang artinya istirahatkan mata selama 20 detik untuk memandang objek sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter) setiap 20 menit.



Simak Video "Gangguan Kesehatan yang Rentan Terjadi saat 'WFH'"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)