Minggu, 17 Mei 2020 10:42 WIB

Terpopuler Sepekan: Cocoklogi Virus Corona dalam 'Ramalan' Bajaj Bajuri

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Viral Bajaj Bajuri disebut ramal Corona. Cocoklogi 'ramalan' corona Bajaj Bajuri (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta -

Cuplikan video dari sinetron Bajaj Bajuri 17 tahun silam mendadak viral. Dialog para tokoh di dalamnya disebut-sebut 'meramalkan' situasi pandemi virus Corona COVID-19 saat ini.

"Itu penyakit menular dari China Mpok. Gejalanye panas dingin sama batuk. Bahaya Mpok. Penyakit itu bisa nular, yang udah kena bisa meninggal," kata tokoh bernama Said dalam cuplikan tersebut.

Meski ada kemiripan gejala yang disebutkan, tokoh Said dalam sinetron tersebut tampaknya bukan sedang membicarakan COVID-19. Cuplikan tersebut berasal dari episode 205 berjudul 'Katakan Saja Ogah Berpuasa', yang menyinggung wabah SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome).

Kalaupun ada kesamaan, SARS dan COVID-19 sama-sama disebabkan oleh keluarga virus Corona. Virus yang menyebabkan COVID-19 juga memiliki nama resmi SARS-CoV-2.

Wabah SARS sendiri pernah terjadi pada 2002-2003 dan menjadi pembicaraan hangat saat itu. Sinetron Bajaj Bajuri yang cuplikannya viral belakangan ini, berasal pada periode tersebut.

Fenomena 'cocoklogi' terkait virus Corona bukan kali ini saja terjadi. Di luar negeri, serial kartun The Simpsons disebut-sebut juga meramalkan pandemi saat ini. Namun hasil penelusuran, 'ramalan' yang dimaksud adalah palsu alias sudah diedit.

Cocoklogi lainnya yang pernah bikin heboh adalah buku iqro untuk belajar bahasa Arab, yang disebut mengandung 'ramalan' virus Corona. Istri Opick, Bebi Silvana, saat itu menuai kritik karena membagikan informasi yang menghebohkan tersebut dan belakangan telah meminta maaf atas kekeliruannya.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)