Senin, 18 Mei 2020 11:41 WIB

Suami Sebut YouTuber Indira Kalistha Introvert, Kenali Arti Sebenarnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
indira kalistha Indira Kalistha di Channel Youtube Gritte. (Foto: youtube Gritte Agatha)
Jakarta -

Youtuber Indira Kalistha kembali trending di Twitter, tak hanya karena permintaan maafnya di Channel Youtube Deddy Corbuzier. Hal lain yang membuatnya trending adalah kata introvert yang diungkapkan suaminya, Gustaf Syailendra atau Utap saat dirinya meminta maaf.

"Pas dia bilang kita kalau ke pasar kan nggak pakai masker atau gimana, gue baru ngeh tuh nih kayaknya bini gue ngablu nih, sejak kapan kita keluar gitu kan," kata Utap dalam Channel YouTube Deddy Corbuzier miliknya.

"Karena pada dasarnya gue dan bini gue ini introvert banget gitu. Kayak gue kalau ketemu orang banyak kalau berisik ya, kalau pada ngomong suka pusing. Kalau di restoran ramai gue suka pusing," tukas Utap lagi.

Psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla, mengatakan bisa saja Indira ini memang introvert meski pastinya ia tidak tahu karena harus diperiksa lebih lanjut. Ini karena orang yang introvert pun bisa melakukan kegiatan yang bersifat ekstrovert, meski dengan usaha yang keras.

"Bisa saja, karena orang introvert bisa melakukan kegiatan ekstrovert meski susah payah karena tuntutan pekerjaan ataupun pilihan karir serta hidup yang diambil," ujarnya pada detikcom, Senin (18/5/2020).

Menurut Veronica, introvert adalah orang yang lebih menyukai atau terlibat dalam aktivitas yang bersifat intim. Artinya kegiatan tersebut tidak melibatkan banyak orang.

Selain itu, mereka yang introvert biasanya memilih beraktivitas di waktu luang dan bersifat solitary atau dengan kelompok kecil pertemanannya. Orang yang introvert lebih cenderung tampak pasif, tapi ia termasuk pengamat yang ulung dan peka terhadap sekitarnya.

"Orang introvert akan lebih cepat kehilangan energi, seperti merasa lelah dan capek, dan merasa tidak nyaman ketika harus bersosialisasi dengan banyak orang, termasuk juga ketika harus bersosialisasi dengan sekumpulan orang-orang baru di suatu waktu," kata Veronica.

"Namun perlu diingat, orang introvert tetap butuh kok bersosialisasi, dan ia tidak masalah untuk berada di manapun termasuk tempat publik," lanjutnya.



Simak Video "Konten Kontroversial Makin Menjamur, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)