Senin, 18 Mei 2020 13:06 WIB

Lewat Hamster, Ilmuwan Buktikan Efektivitas Masker Cegah Virus Corona

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi Ilmuwan menggunakan hamster untuk buktikan efektivitas masker cegah Corona. (Foto: Thinstock)
Jakarta -

Anjuran memakai masker kini hampir diterapkan di seluruh dunia untuk mencegah penularan virus Corona COVID-19. Terkait hal tersebut, sekelompok ilmuwan Hong Kong berusaha membuktikan efektivitas masker lewat eksperimen dengan hamster.

Dr Yuen Kwok-yung dari Hong Kong University menyebut masker bedah dapat membantu mengurangi risiko penularan sampai 50 persen.

Peneliti mengetahuinya setelah bereksperimen dengan 52 hamster dalam tiga skenario. Tiap skenario memiliki hamster yang telah disuntikkan virus Corona COVID-19 lalu kandangnya ditempatkan bersebelahan dengan kandang hamster sehat di ruangan bersirkulasi udara.

Skenario pertama kandang hamster yang terinfeksi diberi partisi berbahan sama seperti masker bedah, skenario kedua kandang hamster sehat yang diberi partisi, dan skenario ketiga kandang ditempatkan tanpa partisi sama sekali. Menurut Dr Yuen skenario ini bisa mewakili kondisi di populasi manusia.

Hasilnya 10 dari 15 hamster sehat dalam skenario kandang yang sama sekali tak memakai partisi masker bedah terbukti positif terinfeksi dalam waktu seminggu. Sementara pada skenario kandang hamster sakit diberi partisi hanya ada dua dari 12 hamster yang akhirnya jatuh sakit.

Angka hewan yang jatuh sakit meningkat menjadi empat dari 12 ketika partisi masker bedah dipakai di kandang hamster sehat.

"Dalam eksperimen yang kami lakukan, sangat jelas menunjukkan ketika hamster atau manusia yang terinfeksi memakai masker, mereka bisa melindungi orang lain. Ini hasil terkuat yang bisa kami peroleh," kata Dr Yuen seperti dikutip dari SCMP, Senin (18/5/2020).

"Transmisi virus bisa berkurang sampai 50 persen ketika masker bedah digunakan, terutama pada individu yang terinfeksi," lanjutnya.

Peneliti juga menemukan hamster yang disuntik virus langsung memiliki gejala lebih parah daripada hamster yang terinfeksi lewat jalur udara.



Simak Video "WHO Sarankan Jangan Pakai Masker saat Olahraga"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)