Selasa, 19 Mei 2020 15:42 WIB

Menanti Bukti 'Antivirus' Eucalyptus Lenyapkan Corona dari Muka Bumi

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Eucalyptus leaves and essential oil on wooden cutting board. Minyak eucalyptus (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian (Kementan) mengklaim telah menemukan formula untuk menangkal virus Corona. Formula ini telah dipatenkan ke dalam tiga produk penangkal COVID-19 yakni inhaler, diffuser oil, hingga kalung antiCorona.

Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry mengatakan pihaknya telah menguji berbagai tumbuhan yang berpotensi sebagai antivirus Corona. Hasilnya, bahan yang paling efektif dalam menangkal COVID-19 adalah tanaman eucalyptus dengan memanfaatkan kandungan senyawa aktif 1,8-cineole (eucalyptol).

"Kesimpulan kami bisa (membunuh COVID-19), karena bahan aktif yang dimiliki eucalyptus dan target bisa membunuh Mpro (enzim dalam virus Corona) itu. Nah kandungan Mpro berlaku pada COVID-19 yang juga ada, dia bisa mereplikasi," ucap Fadjry, Senin (18/5/2020).

Andai benar bisa membunuh virus Corona sebagaimana diklaim oleh Kementan, maka bisa saja pandemi virus Corona COVID-19 di Indonesia bakal lebih cepat teratasi. Namun menurut ilmuwan, kemungkinannya tidak akan semudah itu.

"Karena kita belum tahu efek sebenarnya, kita tidak bisa menyatakan ini bisa mengatasi pandemi dan sebagainya. Mungkin untuk meningkatkan kekebalan bisa," kata Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Profesor Amin Soebandrio.

Untuk membuktikan efeknya benar-benar spesifik membunuh virus Corona, produk semacam itu harus menjalani uji coba di laboratorium. Menurut Prof Amin, produk-produk dari bahan alam umumnya lebih difungsikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Meningkatkan daya tahan itu sih sah-sah saja. Tapi tidak spesifik membunuh virus," jelasnya.



Simak Video "Hanya Mengingatkan! Hati-hati dengan Varian Mu"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)