Rabu, 20 Mei 2020 11:30 WIB

Temuan Baru Ini Sebut Antibodi SARS Bisa Melawan Infeksi Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Imunisasi Pasif Dari Antibodi Lawan Corona Temuan baru sebut antibodi SARS bisa lawan infeksi virus Corona. (Ilustrasi: DW (SoftNews))
Jakarta -

Sebuah temuan menyebutkan bahwa antibodi dari pasien yang telah sembuh dari SARS, terbukti bisa memblokir infeksi virus Corona COVID-19 di lingkungan laboratorium. Para ilmuwan yang berbasis di Swiss, Amerika Serikat, sebelumnya telah mengisolasi antibodi tersebut pada 2003 lalu.

Mereka bereksperimen dengan 25 jenis antibodi berbeda yang menargetkan lonjakan protein spesifik pada virus. Ini dilakukan untuk melihat apakah antibodi itu bisa mencegah sel terinfeksi COVID-19.

Dikutip dari Times of Israel, baik SARS maupun patogen yang menyebabkan COVID-19 merupakan jenis virus Corona yang sama. Virus itu diduga berasal dari hewan dan keduanya memiliki struktur yang mirip.

Para peneliti mengidentifikasi delapan antibodi yang bisa mengikat COVID-19 dan sel yang terinfeksi. Dari situ, didapatkan satu kandidat yang dikenal sebagai S309 yang terbukti memiliki aktivasi netralisasi yang sangat kuat terhadap COVID-19.

Dengan menggabungkan S309 dengan antibodi lain yang kurang kuat, mereka bisa menargetkan area yang berbeda pada lonjakan protein virus, sehingga mengurangi potensi virus untuk bermutasi.

Hingga saat ini, banyak ilmuwan yang berlomba untuk mendapatkan obat yang efektif untuk mengobati virus Corona. Salah satunya dengan melibatkan penggunaan antibodi pasien COVID-19 yang sudah sembuh.

"Hasil ini membuka jalan untuk menggunakan campuran antibodi S309 dan antibodi lain untuk profilaksis pada orang yang rentan terpapar. Atau digunakan sebagai terapi pasca tertular hingga mencegah penyakit ini lebih parah lagi," catat para peneliti.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)