Rabu, 20 Mei 2020 12:03 WIB

4 Cara Perkuat Paru-paru Agar Tetap Sehat selama Wabah Virus Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Memeriksa x-ray paru=paru manusia Beragam cara meningkatkan kesehatan paru di tengah pandemi Corona. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Memiliki paru-paru yang cukup kuat sama pentingnya dengan memakai masker untuk jika harus pergi ke luar rumah. Meski mengenakan masker dengan menerapkan jarak sosial sangat penting untuk memperlambat penyebaran virus Corona, penggunaannya dapat membuat seseorang sulit bernapas terlebih ketika memiliki masalah pernapasan sebelumnya. Bahkan beberapa mengatakan mengenakan masker akan menyebabkan hypercapnia atau penyerapan karbon dioksida terlalu banyak ke dalam darah.

"Paru-paru memungkinkan kita melakukan pertukaran oksigen dan karbon dioksida yang penting bagi tubuh untuk berfungsi," sebut dr Robert Graham dari situs Mind Body Green.

Saat seseorang mengenakan masker, penting untuk memiliki sistem pernapasan dan paru-paru yang baik juga kuat. Sehingga toleransi terhadap karbon dioksida atau C02 bisa lebih besar meski mengenakan masker dalam waktu yang panjang.

Berikut tips meningkatkan kualitas paru-paru terlebih saat mengenakan masker selama wabah virus Corona.

1. Rajin olahraga

Peneliti mengungkapkan meski olahraga menyebabkan seseorang menjadi terengah-engah dan sulit bernapas juga lelah, melakukannya dengan rutin dapat meningkatkan kekuatan dan fungsi otot paru-paru. Selain itu juga dapat memperkuat diafragma dan memperbaiki postur.

2. Latihan pernapasan

Latihan pernapasan diafragma, pernapasan perut dan pernapasan dalam sederhana baik untuk meningkatkan fungsi otot diafragma. Hal ini menjadi penting karena akan membuat paru-paru menjadi lebih kuat.

Belajar mengendalikan napas akan meningkatkan toleransi CO2 dan meningkatkan kemampuan selama mengenakan masker. Ini juga dapat membantu mengurangi kepanikan akibat terlalu lama memakai masker.

3. Perbaiki postur tubuh

Respirasi sangat dipengaruhi oleh postur tubuh tertentu. Untuk mencegah aliran pernapasan yang buruk, berdiri dengan tegak sambil bernapas dalam-dalam. Hindari bernapas dalam posisi membungkuk.

4. Tetap terhidrasi

Asupan cairan yang cukup sangat penting untuk tubuh terutama bagi pernapasan.

Minum air putih secara teratur juga dapat membantu lapisan mukosa di paru-paru tetap lembab sehingga dapat berfungsi dengan baik.



Simak Video "Tips Jaga Kesehatan Paru di New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)