Kamis, 21 Mei 2020 11:34 WIB

Jaga Daya Tahan Tubuh, Ini 3 Tips Cegah Stres Saat Puasa

Abu Ubaidillah - detikHealth
ilustrasi stres Foto: shutterstock
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat masyarakat harus menjalani kegiatan di rumah saja, termasuk WFH selama Ramadhan. Meski bisa mengurangi risiko paparan virus Corona, namun WFH yang tidak diperhatikan akan menyebabkan timbulnya masalah lain.

WFH yang berlebihan dengan mengesampingkan istirahat dan bekerja terlalu keras dapat membuat pikiran menjadi stres dan ketika stres tiba, daya tahan tubuh pun berkurang. Sebab, stres yang berkelanjutan membuat rentan terhadap penyakit.

Dilansir dari Psychology Today, stres dan penyakit memiliki kaitan. Sebab, sistem endokrin dan kekebalan saling berkaitan, gangguan pada satu sisi karena tekanan fisik atau emosional biasanya menyebabkan kerusakan pada sisi yang lain.

Oleh karena itu, penting untuk menghindari stres selama Ramadhan agar daya tahan tubuh terjaga. Sebab, dengan daya tahan tubuh yang tidak baik maka aktivitas Ramadhan pun akan terganggu. Perlu upaya menghilangkan stres saat berpuasa seperti dilansir dari sumber yang sama berikut

1. Latihan Relaksasi
Hubungan antara pikiran dan tubuh dapat diperkuat dengan latihan relaksasi khusus seperti yoga. Dengan membiasakan diri melakukan latihan relaksasi, langkah ini bisa menyangga dan melindungi dari kerusakan sistem organ.

2. Selalu Berpikir Positif
Orang yang percaya bahwa mereka bisa melakukan hal yang lebih baik sebenarnya bisa melakukan yang lebih baik daripada yang tidak pernah berpikir positif. Penelitian juga menunjukkan bahwa rasa cemas, permusuhan, dan keadaan negatif bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh.

3. Tetap Berinteraksi dengan Orang Lain
Orang-orang dengan dukungan sosial yang kuat, menurut para peneliti bisa memiliki kesehatan keseluruhan yang baik dan lebih tahan terhadap segala macam infeksi dan penyakit.

Untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang bagus, selain tetap berpikir positif, bisa juga dengan meningkatkan asupan vitamin C. Pastikan juga vitamin C yang dikonsumsi juga aman di lambung, seperti Blackmores Bio C yang mengandung vitamin C 1000 mg dengan Double C Formula biar nggak gampang sakit.

Dilengkapi juga dengan mineral askorbat sehingga lebih aman di lambung dan citrus bioflavonoid yang membantu penyerapan vitamin C di dalam tubuh. Lengkapi juga kebutuhan vitamin dan mineral saat berpuasa dengan Blackmores Multivitamins + Minerals dengan Multi Advanced Formulation diperkaya 17 vitamin dan 6 mineral.

Selain mengandung Multivitamin dan Mineral lengkap, produk ini juga mengandung Vitamin C 200 mg untuk bantu juga daya tahan tubuh. Jadi anda dapat tetap berstamina saat berpuasa.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)