Jumat, 22 Mei 2020 12:58 WIB

3 Makanan Terbaik untuk Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Abu Ubaidillah - detikHealth
anak makan Foto: shutterstock
Jakarta -

Otak merupakan salah satu bagian terpenting dalam tubuh manusia. Sebagai pusat kendali tubuh, otak memiliki banyak tugas mulai dari menjaga jantung tetap berdetak, paru-paru tetap bernapas, tubuh tetap bergerak, merasakan, dan berpikir.

Itulah sebabnya menjaga otak selalu berada dalam kondisi terbaik sangat penting dilakukan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang berperan dalam menjaga otak tetap sehat serta meningkatkan tugasnya mulai dari meningkatkan konsentrasi hingga daya ingat.

Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Daya Ingat Otak

Dilansir dari Healthline, berikut ada 3 jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak, antara lain,

1. Kacang

Penelitian menemukan bahwa wanita yang makan kacang secara teratur dalam beberapa tahun terakhir memiliki ingatan yang lebih tajam dibandingkan dengan mereka yang tidak makan kacang. Sebab, vitamin E yang terkandung pada kacang dapat melindungi membran sel dari kerusakan akibat radikal bebas, dan memperlambat penurunan mental.

2. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin K yang lebih tinggi untu menciptakan daya ingat yang lebih baik. Selain vitamin K, brokoli juga mengandung sejumlah senyawa yang memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan.

3. Ikan

Saat berbicara tentang makanan untuk otak, ikan berlemak menjadi yang paling direkomendasikan. Jenis ikan yang baik untuk otak antara lain salmon, trout, dan sarden yang semuanya merupakan sumber asam lemak omega 3. Sekitar 60% otak terbuat dari lemak dan setengah dari lemak itu adalah jenis omega 3, jadi sangat penting untuk memenuhi asupan omega 3 harian.

Bila ingin mengonsumsi ikan, terutama sarden, Anda bisa memilih sarden ABC selain karena praktis disajikan, juga mengandung nutrisi penting yang bermanfaat untuk kecerdasan otak seperti omega 3&6, protein, vitamin B 12, hingga kalsium.

#MasakSehatAlaSardenABC akan makin nikmat dengan 3 varian yang ditawarkan yakni rasa tomat, pedas, dan ekstra pedas. Sarden ABC bisa menjadi makanan untuk meningkatkan daya ingat si kecil selama #DiRumahAja.



Simak Video "Produk Sarden yang Mengandung Cacing Ditarik BPOM"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)