Minggu, 24 Mei 2020 13:02 WIB

5 Cara Cegah Badan Melar Usai Makan Banyak Saat Lebaran

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
ilustrasi anak gemuk Badan jadi melar seusai lebaran sering dilami oleh banyak orang. Ini cara mengatasinya. (Foto: iStock)
Jakarta -

Hari Raya Idul Fitri identik dengan makan banyak dan serba enak. Sayangnya jika terlalu banyak mengonsumsi makanan ini bisa membuat tubuhmu melar usai lebaran.

Namun, tak perlu khawatir karena hal tersebut bisa kamu cegah. Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut ini adalah tips supaya nggak 'melar' usai lebaran.

1. Kembali ke pola makan biasa dengan perlahan

Sistem pencernaan perlu waktu adaptasi setelah terbiasa puasa lebih dari 12 jam. Langsung banyak makan setelah puasa bisa berisiko mengalami sakit perut, diare, dan berbagai masalah pencernaan lain. Ini bisa dimulai dengan memilih menu sarapan ringan yang mudah diterima tubuh misal sup.

2. Pastikan selalu konsumsi sayur

Hidangan khas lebaran biasanya menggunakan bahan utama daging yang diolah dengan banyak gula, garam, dan lemak. Karena itu sayur segar sangat dibutuhkan pada setiap hidangan untuk memenuhi kecukupan asupan nutrisi setiap hari.

3. Buah sebagai camilan atau hidangan penutup

Mengonsumsi berbagai olahan kue kering khas lebaran boleh saja asal secukupnya dan tidak lapar mata. Tetapi, buah segar bisa menjadi alternatif camilan yang lebih bermanfaat bagi tubuh dibanding kue atau camilan lain.

4. Cukup minum air putih

Selain makanan, tubuh juga perlu kecukupan konsumsi cairan setiap hari. Konsumsi 8-12 gelar air putih per hari bisa mencegah dehidrasi, menjaga fungsi tubuh, dan membantu mengendalikan rasa lapar.

5. Olahraga

Usahakan olahraga dan melakukan aktivitas fisik di sela libur lebaran. Kegiatan fisik ini mampu menjaga kesehatan dan membakar lemak-lemak di tubuh.



Simak Video "Indikator Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi saat Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)