Senin, 25 Mei 2020 11:01 WIB

5 Tips untuk Atasi Masalah Pencernaan Usai Lebaran

Ayunda Septiani - detikHealth
My Family celebrate Happy Ied 1436 H with simple indonesian cuisine dinner with Ketupat, Rendang, Opor Ayam, Sambal Bajak and others meal. Awas masalah pencernaan di momen lebaran. (Foto: Getty Images/iStockphoto/vidiawan)
Jakarta -

Di Hari Raya Idul Fitri, biasanya banyak orang mengeluhkan sakit perut atau masalah pencernaan lain setelah menyantap berbagai macam hidangan lebaran.

Kondisi ini bisa terjadi ketika orang kalap mengkonsumsi makanan apapun di hari lebaran pertama dan kedua. Akibatnya, perut yang sudah terbiasa dengan pola puasa Ramadhan seolah terkejut ketika seseorang makan berlebih secara tiba-tiba.

Selain itu, mengkonsumsi makanan tinggi garam dan minyak selama Hari Raya Idul Fitri juga bisa menyebabkan perut kembung dan masalah pencernaan lainnya.

Dilansir dari Times New India, beberapa tips yang bisa mencegah masalah pencernaan saat lebaran.

1. Minum segelas jus buah segar

Minumlah segelas jus buah segar daripada mengonsumsi makanan tinggi garam dan berminyak. Anda juga bisa minum segelas air hangat dengan sedikit perasan lemon.

2. Konsumsi makanan sederhana

Kebanyakan orang seolah kalap mengonsumsi berbagai jenis makanan ketika lebaran, seperti daging kambing, ayam goreng dan lainnya dalam satu waktu. Seharusnya Anda menyambut lebaran dengan mengonsumsi makanan sederhana tetapi tetap bergizi, seperti sayuran, buah dan lainnya.

3. Konsumsi dalam jumlah sedang

Saat lebaran, kebiasaan buruk orang adalah mengonsumsi makanan dalam jumlah besar setelah berpuasa selama sebulan penuh. Cara makan seperti ini justru menyebabkan masalah pencernaan. Karena itu, konsumsilah makanan dalam jumlah kecil tapi sering, supaya perut tidak terkejut.

4. Hindari makanan manis

Sebisa mungkin hindari makanan manis, seperti permen, cokelat dan lainnya ketika lebaran. Karena, makanan manis juga bisa menyebabkan gastritis, kecuali konsumsi kurma.

5. Hindari junk food

Hari Raya Idul Fitri bukan berarti Anda bebas mengkonsumsi makanan apapun yang sudah ditahan sejak bulan puasa. Sebaiknya hindari dulu konsumsi junk food yang bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung.

Cobalah mengonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, serat dan lemak dalam makanan ketika lebaran.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)