Senin, 25 Mei 2020 13:42 WIB

Cegah Kolesterol Naik Setelah Lebaran, Coba Lakukan Langkah Berikut

Angga Laraspati - detikHealth
Kolesterol Foto: Getty Images/iStockphoto/tumsasedgars
Jakarta -

Lebaran atau Idul Fitri selalu identik dengan makanan yang berkolesterol tinggi yang dihasilkan dari lemak makanan yang dikonsumsi. Adapun, untuk tetap menjaga level kolesterol di tubuh tetap berada di batas normal, ada berbagai langkah yang harus dilakukan.

Pasalnya, kolesterol yang tinggi akan sangat berbahaya bagi tubuh bila tidak ditangani dengan baik. Dilansir dari healthline, kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penyumbatan arteri, stroke, serangan jantung dan juga gagal ginjal. Untuk itu ada baiknya bila melakukan berbagai langkah untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Berikut ini berbagai langkah yang tepat untuk menjaga level kolesterol di tingkat yang normal dilansir dari berbagai sumber.


Jagalah tubuh lebih aktif dengan melakukan olahraga. Olahraga memang selalu dianjurkan agar tubuh dapat membakar lemak-lemak yang dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit, salah satunya juga menurunkan kadar kolesterol. Berdasarkan 13 studi, 30 menit aktivitas olahraga selama 5 hari dalam seminggu sudah mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dan mengurangi resiko penyakit jantung.Berolahraga

Diet Rendah Lemak

Sebuah penelitian terhadap 10 pria mendapati diet rendah lemak selama 6 minggu dapat mengurangi kadar kolesterol berbahaya. Terlebih mengonsumsi makanan yang memiliki lemak tak jenuh ganda juga menjadi salah satu rekomendasi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Adapun makanan yang masuk ke dalam lemak tak jenuh ganda antara lain, alpukat, kacang-kacangan seperti almond, hazelnuts, dan walnuts, dan juga olive oil.

Konsumsi Omega-3s

Asam lemak Omega-3s adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang sehat untuk jantung, dan biasanya bisa ditemukan dalam suplemen makanan laut dan minyak ikan. Lemak ini dapat ditemukan juga di berbagai ikan seperti salmon, makarel, dan tuna laut. Sebuah studi juga menunjukan mengonsumsi Omega-3s yang merupakan lemak tak jenuh ganda juga dapat menurunkan resiko penyakit arteri koroner hampir 20%.

Konsultasi ke Dokter

Jangan lupa juga untuk berkonsultasi ke dokter dalam penanganan kolesterol ini. Dengan berkonsultasi, dokter dapat memberikan suplemen dan juga vitamin atau obat yang dapat membantu dalam upaya menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Konsultasi dengan dokter pun kini sangat mudah dengan fitur GrabHealth dari Grab yang dapat membuat Anda tak perlu ke rumah sakit untuk bertemu dengan dokter. GrabHealth juga memberikan kemudahan untuk membeli vitamin dan juga obat-obatan untuk tetap menjaga level kolesterol di level yang aman.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)