Senin, 25 Mei 2020 14:13 WIB

Kasus Menurun, Jepang Siap Cabut Status Darurat Virus Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jepang akan cabut darurat nasional Corona (AFP Photo) Foto: Jepang akan cabut darurat nasional Corona (AFP Photo)
Jakarta -

Usai kasus virus Corona di Jepang dilaporkan menurun, status keadaan darurat nasional pun siap dicabut pada Senin (25/5/2020). Dibandingkan dengan daerah-daerah terdampak Corona lain, seperti Eropa, Amerika Serikat, Rusia, dan Brasil, setidaknya Jepang telah terhindar dari pandemi terburuk Corona dengan total infeksi 16.581 kasus dan 830 kematian.

Mengutip Channel News Asia, sebelumnya Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan keadaan darurat pada 7 April lalu. Bisnis dan sekolah didesak untuk tutup dan orang-orang diminta tetap tinggal di rumah.

Meski begitu, sebagian warga Jepang tampak tidak peduli pada imbauan tersebut. Jumlah kasus baru Corona di Jepang telah turun dari puncaknya yang semula melaporkan 700 per hari, kini hanya melaporkan beberapa lusin kasus Corona.

Jepang sendiri sebelumnya diketahui telah meningkatkan fasilitas medis dan mengaku lakukan tes massal dalam menghadapi pandemi Corona. Meski korban meninggal akibat Corona di Jepang tidak separah negara lainnya, ekonomi di Jepang dilaporkan menurun.

Tingkat kebersihan dan kesehatan umum yang tinggi di Jepang seperti melepas sepatu di dalam ruangan,penggunaaan masker yang serentak dilakukan ketika di luar rumah, membungkuk sebagai salam atau sapaan budaya Jepang, disebut memungkinkan Jepang lebih mudah mengatasipandemi virus Corona.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)