Selasa, 26 Mei 2020 13:09 WIB

3 Cara Cepat Turunkan Kadar Kolesterol Setelah Lebaran

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Lebaran Foto: Shutterstock
Jakarta -

Saat lebaran, aneka makanan enak seperti opor ayam, rendang, gulai, semur daging pasti tersaji di meja makan. Namun perlu diketahui, di balik makanan-makanan enak itu ada lemak dan kolesterol yang mengancam kesehatan.

Makanan berdaging merupakan salah satu pemicu kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi bisa menjadi satu ancaman terbesar saat Lebaran. Apalagi setelah sebulan lamanya berpuasa, kebanyakan orang pasti ingin 'balas dendam' makan sepuasnya saat Lebaran.

Agar tetap bisa makan enak tanpa takut kolesterol naik saat Lebaran, ini 3 cara cepat turunkan kadar kolesterol setelah Lebaran yang dirangkum detikhealth dari WebMD.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Boleh saja makan makanan berlemak saat Lebaran namun harus diimbangi dengan makanan yang kaya serat seperti buah, sayur dan kacang-kacangan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan makanan berserat 5 hingga 10 gram lebih banyak setiap hari akan mengalami penurunan kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, makan lebih banyak serat juga membuat merasa kenyang, sehingga dapat menekan nafsu makan. Meski bagus untuk tubuh, tetap konsumsi dengan kadar yang normal dan tidak berlebihan, ya.

Aktif Bergerak

Libur Lebaran memang paling enak makan dan menonton film. Namun jangan sampai berlarut-larut, ya. Menjaga tubuh tetap aktif bergerak dan berolahraga juga penting. Jika tidak, lemak dalam tubuh dari menu Lebaran akan terus tertimbun dan tidak terbakar.

Mulailah dengan olahraga ringan seperti jalan kaki selama 10-15 menit, dilanjutkan dengan jogging dan olahraga lain yang disukai. Lakukan secara rutin dan tentunya jaga pola makan. Niscaya akan terbebas dari penyakit kolesterol.

Ganti Daging dengan Ikan

Agar kolesterol tidak terlanjur tinggi, ganti menu opor, gulai, semur dan makanan berdaging lainnya dengan olahan ikan. Sebab, lemak omega-3 dalam ikan justru bisa menyehatkan jantung. Tak hanya itu, mengganti daging merah dengan ikan bisa menurunkan kolesterol dengan mengurangi lemak jenuh yang banyak terdapat dalam daging merah.

Selain 3 cara di atas, kamu juga bisa bantu turunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dengan minum Nestle ACTICOR setelah makan makanan lebaran. Nestle ACTICOR merupakan minuman mengandung susu dengan serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin.

Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu.

Nestle ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestle ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestle ACTICOR juga bisa dikonsumsi dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestle ACTICOR dianjurkan untuk diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestle ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Yuk, minum Nestle ACTICOR setiap hari!

Nestle ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.

(prf/ega)