Selasa, 26 Mei 2020 19:28 WIB

Belanda Laporkan Kasus Penularan COVID-19 dari Cerpelai ke Manusia

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Inilah Alasan Kondisi Pasien Corona Bisa Tiba-tiba Memburuk di Minggu Kedua Ilustrasi pasien Corona. (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Belanda melaporkan kasus penularan virus Corona COVID-19 dari hewan ke manusia yang pertama kali terjadi di negaranya, selama epidemi berlangsung. Menurut otoritas kesehatan setempat, virus tersebut ditularkan dari hewan cerpelai pada dua peternak.

Cerpelai tersebut ditemukan di empat dari 155 peternakan. Menteri Pertanian Belanda, Carola Schouten, mengumumkan dua kasus tersebut melalui surat keterangan yang diberikan pada parlemen.

Carola mengatakan tiga dari empat peternakan sudah terinfeksi, dan sudah mengakibatkan manusia di sekitarnya sakit. Sementara di satu peternakan lainnya sedang dalam masa penyelidikan.

"Ini adalah kasus pertama yang baru ditemukan, setidaknya kami telah menunjukkan kemungkinan adanya penularan atau infeksi yang berpindah dari hewan ke manusia," kata Direktur Institute for Health (RIVM) Belanda, Jaap van Dissel, yang dikutip dari Reuters, Selasa (26/8/2020).

"Tentu saja sumber asli infeksi di China juga kemungkinan besar berasal dari hewan," lanjutnya.

Di Belanda hewan cerpelai memang sempat ramai diternakkan untuk diambil bulunya.



Simak Video "Sejumlah Negara Diminta WHO Kembali Lockdown"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)