Rabu, 27 Mei 2020 13:02 WIB

Takut Badan Melebar Usai Lebaran? Rem Nafsu Makan dengan Cara Ini

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Makanan sehat Foto: Shutterstock
Jakarta -

Sudah susah payah turunkan berat badan selama puasa, tapi saat Lebaran jarum timbangan banyak bergeser ke kanan. Kalau mengalami hal seperti itu pasti rasanya kesal banget, ya.

Godaan makanan Lebaran memang tak terbantahkan, mulai dari kue nastar, kastengel hingga opor ayam dan rendang. Namun, jika makan terlalu banyak bisa-bisa badan yang tadinya kurus bisa jadi melebar.

Nah, biar badan nggak jadi tambah lebar saat Lebaran, berikut ini detikHealth rangkum dari berbagai sumber tentang cara mengontrol nafsu makan saat Lebaran.

Ganti Kue Lebaran dengan Camilan Sehat

Meskipun berukuran mini, kue Lebaran memiliki kandungan kolesterol tinggi. Sebab, mereka terbuat dari mentega, telur dan keju yang tinggi kolesterol. Kamu bisa ganti kue Lebaran dengan camilan yang lebih sehat seperti kacang almond, salad buah dengan yoghurt, atau roti gandum.

Camilan yang banyak mengandung serat juga dapat membuat perut lebih cepat kenyang sehingga bisa mengurangi konsumsi makanan.

Jangan Ada Kata 'Diet Mulai Besok'

Salah satu cara meredam nafsu makan adalah dengan diet. Tapi jangan ada kata 'diet mulai besok' ya. Dietlah dari sekarang, kurangi porsi makan, karbo dan lemak jenuh. Dengan niat diet mulai sekarang, nafsu makan bisa dicegah dalam konsumsi kuliner yang berkolesterol.

Setelah membulatkan tekad untuk diet, tugas selanjutnya yang tak kalah berat yakni jangan menyerah dengan godaan makanan Lebaran yang menggiurkan.

Gunakan Piring Putih

Saat makan usahakan gunakan piring berwarna putih karena piring putih akan memberikan efek penuh. Berbeda dengan piring bening, secara tidak sadar kamu akan mengambil makanan dengan jumlah yang lebih banyak saat menggunakan piring yang transparan.

Itu tadi beberapa cara untuk mengerem nafsu makan saat Lebaran. Mengontrol nafsu makan saat Lebaran memang sulit dilakukan. Selain banyak makanan enak, kue-kue Lebaran juga jarang ditemui selain pada momen Idul Fitri.

Padahal kue Lebaran dan makanan seperti opor, rendang, gulai, merupakan pemicu kolesterol yang sangat tinggi. Jika kadar kolesterol naik, efeknya bisa buruk bagi kesehatan. Oleh sebab itu, mengontrol nafsu makan saat Lebaran menjadi hal yang penting dilakukan.

Selain 3 cara mengontrol nafsu makan di atas, kamu juga bisa bantu turunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dengan minum Nestle ACTICOR setelah makan makanan Lebaran. Nestle ACTICOR merupakan minuman mengandung susu dengan serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin.

Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu.

Nestle ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestle ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestle ACTICOR juga bisa dikonsumsi dan dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestle ACTICOR dianjurkan untuk diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestle ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Yuk, minum Nestle ACTICOR setiap hari!

Nestle ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.

(prf/ega)