Kamis, 28 Mei 2020 10:30 WIB

Bagaimana Cara Wuhan Tes Massal Corona 9 Juta Warga dalam 9 Hari?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Virus corona: Wuhan klaim telah uji tiga juta dari 11 juta penduduknya Bagaimana cara Wuhan tes massal Corona? (Foto: BBC World)
Jakarta -

Kembali laporkan kasus baru usai satu bulan lebih bebas dari Corona, Wuhan, kota pertama kali virus Corona COVID-19 dikonfirmasi, kini tengah mencegah kemungkinan gelombang kedua. Hanya dalam 9 hari pemerintah setempat melakukan tes massal pada 9 juta warganya.

Mulai dari 15 Mei hingga 24 Mei, Komisi Kesehatan Wuhan berhasil tes swab lebih dari 9 juta warga dan 6,5 juta orang di antaranya dicek sampel untuk genetik virus Corona. Pengujian ini menyusul kluster penularan baru dimana enam orang dikonfirmasi positif Corona dua minggu lalu, terjadi usai nol penambahan kasus baru sebulan lebih.

Hasil pemeriksaan pun didapat dalam waktu singkat dengan menggabungkan lima sampai 10 sampel swab yang diuji sekaligus. Jika ada yang dinyatakan positif, petugas kembali memeriksa sampel tersebut sampai ditemukan hasil akhir.

Sejauh ini 218 kasus Corona tanpa gejala telah dikonfirmasi. Seluruh pasiennya tengah menjalani karantina.

"Dorongan untuk menguji setiap orang ini akan meningkatkan vitalitas kota dan memberikan dasar ilmiah untuk dimulainya kembali pekerjaan," jelas Yang Zhanqiu, pakar virus di Universitas Wuhan, dikutip The New York Times.

"Itu juga bisa membuat orang merasa nyaman dan memberi semu ketenangan pikiran," lanjutnya.



Simak Video "Apakah Jenis Virus Corona di Indonesia Sama dengan di Wuhan?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)