Kamis, 28 Mei 2020 11:51 WIB

Ini 6 Cara Ampuh Basmi Tungau di Rumah

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Ilustrasi tungau Foto: Pixabay/Catkin
Jakarta -

Meskipun kecil, tungau debu bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan, apalagi bagi orang yang menderita asma dan reaksi alergi. Tungau merupakan hewan mikroskopis yang biasanya berada di kasur, sofa, karpet dan tempat-tempat umum lainnya di rumah.

Tungau ini akan menghasilkan partikel limbah mikroskopis yang dapat menyebabkan reaksi alergi parah pada orang yang sensitif. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan tempat tinggal kamu agar terhindar dari tungau. Melansir Allergy and Air, berikut 6 cara ampuh basmi tungau di rumah.

Rajin Cuci Pakaian dan Perlengkapan Tidur
Jangan malas cuci baju dan rutin mengganti sprei serta sarung bantal merupakan salah satu cara mencegah perkembangbiakan tungau. Kamu bisa merendam baju serta perlengkapan tidur dengan air panas agar tungau dan segala bakteri yang ada dapat terbunuh.

Pakai Tempat Tidur Hipoalergenik
Bagi kamu yang punya reaksi alergi yang parah, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli tempat tidur hipoalergenik untuk memberikan lapisan perlindungan tambahan dari tungau. Pilih kasur, sprei, selimut, serta sarung bantal yang memiliki desain tenunan rapat dan ukuran pori yang kecil. Sehingga tak ada celah untuk tungau menembus material kasurmu.

Hindari Ruangan Lembab
Tungau sangat suka dengan ruangan dengan tingkat kelembaban yang tinggi. Gunakan dehumidifier untuk menurunkan tingkat kelembaban ruangan menjadi 50 persen atau lebih rendah. Tingkat kelembaban optimal untuk tungau debu bisa hidup adalah antara 65 dan 75 persen.

Rutin Bersihkan Karpet
Karpet adalah tempat yang paling disukai sebagai tempat tinggal tungau. Rajin mencuci karpet merupakan salah satu cara membasmi tungau. Namun, jika kamu merasa malas membersihkan karpet, sebaiknya ganti dengan permukaan yang lebih mudah dibersihkan seperti lantai kayu.

Bersihkan Debu dengan Kain Basah
Kamu juga harus selalu membersihkan lantai atau perabot dengan kain basah saat membersihkan rumah agar tungau dapat dibasmi. Pastikan untuk merendam kain dengan air panas setelah selesai membersihkan.

Gunakan Tempat Tidur Kapuk
Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa tungau debu lebih suka bahan sintetis dan cenderung menjauhkan diri dari bahan alami. Nah, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kasur kapuk atau kapas sebagai tempat tidur bebas tungau.

Nah, itu dia 6 cara ampuh untuk membasmi tungau yang ada di rumahmu. Namun sekarang ada cara praktis membasmi tungau di rumah, loh, yaitu dengan menggunakan jasa Grab Clean & Fix. Grab melalui fitur Jasa Rumah menyediakan jasa sedot tungau di Sejasa.com. Kamu tinggal memilih ukuran tempat tidur yang akan dibersihkan dan atur jam layanan.



Simak Video "55% Orang Tak Patuh Protokol Kesehatan karena Tak Ada Sanksi"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)