Jumat, 29 Mei 2020 07:20 WIB

Sederet Fakta Pisang, Termasuk Tak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi makan pisang Sederet fakta pisang termasuk tak boleh dikonsumsi saat perut kosong. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Siapa yang tidak tahu buah pisang? Buah berkulit kuning ini banyak disukai orang karena rasanya yang manis dan mudah dicerna. Selain itu, pisang juga sering kali dijadikan sarapan untuk mereka yang sedang melakukan diet, karena cepat mengenyangkan.

Tapi, ternyata mengkonsumsi pisang juga tidak boleh sembarangan lho. Selain itu, pisang juga memiliki manfaat lain yang bisa membuat tidur jadi lebih baik.

Mengutip Times of India, berikut beberapa fakta dari buah pisang yang perlu kamu ketahui.

1. Menambah energi

Mengkonsumsi buah pisang yang baru matang bisa memberikan manfaat pati resisten atau kandungan gula untuk tubuh. selain itu, karena teksturnya yang mudah dicerna bisa lebih cepat menambah energi instan untuk tubuh, yang dibutuhkan sebelum dan sesudah berolahraga.

2. Bisa mengatur waktu tidur

Pisang juga mengandung tryptophan, yaitu asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi tubuh. Tryptophan ini bisa membantu tubuh memproduksi serotonin-neurotransmitter yang bisa membantu mengatur tidur.

Selain itu, senyawa tryptophan merupakan anti-depresi alami dan bisa mengobati kecemasan serta insomnia. Sebuah studi di tahun 2012 dalam Journal of Pineal Research menemukan bahwa mengkonsumsi pisang juga bisa meningkatkan hormon melatonin, yang bisa mengendalikan siklus tidur.

3. Tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong

Buah pisang adalah sumber dari potasium, serat, dan magnesium yang baik untuk tubuh manusia. Tetapi, ada berbagai alasan yang membuat pisang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong.

Tingginya kadar gula pada buah pisang bisa memberikan tubuh energi yang instan, tapi ini juga membuat kamu lebih cepat lemas. Selain itu, pisang juga bersifat asam, jika dikonsumsi saat perut kosong bisa menimbulkan masalah usus atau di sistem pencernaan.

4. Harus dicampur saat akan dikonsumsi

Agar aman saat mengkonsumsi pisang, disarankan untuk mencampurnya dengan makanan lain. Ini akan mengurangi efek berbahaya dan memaksimalkan nutrisi yang ada di dalam pisang, misalnya dicampur dengan smoothie.



Simak Video "Manfaat Konsumsi Jahe: Tingkatkan Imun Tubuh "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)