Jumat, 29 Mei 2020 07:31 WIB

Hal yang Perlu Dimulai Saat New Normal agar Mental Tetap Sehat

Anjar Mahardhika - detikHealth
Memakai alat pelindung wajah sangat penting di era pandemi COVID-19. Tidak hanya masker kain, face shield juga sedang banyak disenangi masyarakat. Langkah-langkah yang harus diterapkan saat memasuki new normal. (Foto ilustrasi: Getty Images)
Jakarta -

Saat ini pemerintah sedang merancang protokol tatanan new normal di tengah pandemi Corona. Terdapat dua kriteria bagi daerah yang ingin menerapkan new normal. Pertama daerah yang sama sekali belum terdapat kasus Corona, kedua daerah yang mengalami penurunan kasus setiap harinya.

Menjelang penerapan new normal ini, psikiater dari RS Siloam Bogor, dr Lahargo Kembaren, SpKJ, pun membagikan beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memulai new normal di tengah pandemi Corona.

"Merubah pola perilaku kita bukanlah hal yang mudah, tetapi mungkin untuk dilakukan, karena kita tahu perubahan ini untuk dunia yang lebih baik," ujar dr Lahargo dalam pesan singkat yang diterima detikcom beberapa waktu lalu.

Menurut dr Lahargo, langkah awal yang bisa dilakukan saat menghadapi kondisi new normal adalah sebagai berikut.

-Pikirkan kebiasaan baru yang akan dilakukan.
-Lalu lakukan kebiasaan tersebut sebagai rutinitas baru, seperti pakai masker, cuci tangan serta jaga jarak.
-Lakukan secara konsisten.
-Ajak orang lain atau lingkungan terdekat untuk ikut terapkan new normal
-Jangan putus asa bila ada kendala atau hambatan

-Jangan lupa beri apresiasi pada diri sendiri karena sudah berhasil adaptasi dengan new normal ya!

dr Lahargo mengatakan wajar jika penerapan kebiasaan baru tak semulus yang dibayangkan. Tentu akan timbul tantangan serta hambatan saat memulai new normal. Jadi tetap yakinkan diri untuk sesuatu hal yang lebih baik kedepannya.



Simak Video "Panduan Beraktivitas di Ruang Publik Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)