Jumat, 29 Mei 2020 13:10 WIB

Usai Lebaran, Turunkan Kolesterol dengan 5 Bahan Ini

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
alpukat Foto: shutterstock
Jakarta -

Selain bersilaturahmi ke keluarga dan kerabat dekat, Lebaran identik dengan makan besar. Aneka hidangan seperti opor, rendang, semur ayam, hingga kue-kue khas Lebaran, pasti tersaji di meja makan.

Sepertinya, menghindari makanan bersantan menjadi hal yang sangat sulit dilakukan saat Lebaran. Dampaknya berat badan dan kolesterol pun meningkat seketika. Kadar kolesterol tinggi dalam tubuh saat Lebaran patut diwaspadai karena kolesterol merupakan pemicu penyakit berbahaya seperti jantung, stroke dan penyakit pembuluh darah lainnya.

Nah, agar kadar kolesterol tetap aman setelah Lebaran, berikut lima menu yang bisa membantu turunkan kadar kolesterol yang detikhealth rangkum dari berbagai sumber.

Apel

Apel merupakan salah satu sumber pektin terbaik, yakni sejenis serat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Apel juga mengandung antioksidan seperti polifenol. Menurut sebuah penelitian, kandungan ini bisa membantu menjaga kolesterol dari pengoksidasi, proses menyebabkan arteri menjadi tersumbat dan meradang yang menjadi pemicu serangan jantung.

Pisang

Buah pisang yang kaya akan serat bisa menghambat pembentukan plak dalam pembuluh darah yang disebabkan oleh kolesterol. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa makanan yang kaya kalium seperti pisang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Cokelat

Dark chocolate juga menjadi salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Selain itu, cokelat juga mengandung antioksidan tinggi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung flavonoid unik, yang sering disebut sebagai katekin. Katekin ini yang bisa mempengaruhi kerja enzim untuk memecah lemak, sekaligus mengurangi kadar kolesterol. Selain itu, teh hijau juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Hal ini sangat baik mengingat saat Lebaran, daging akan menjadi menu utama di meja makan.

Alpukat

Selain segar dibuat jus, buah yang memiliki tekstur lembut dan creamy ini juga bisa menurunkan kolesterol, loh. Alpukan merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal dan kaya serat. Keduanya sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Itu dia lima bahan yang bisa kamu konsumsi setelah makan makanan pemicu kolesterol sewaktu Lebaran. Selain kelima makanan di atas kamu juga bisa bantu turunkan kolesterol setelah Lebaran dengan Nestle ACTICOR.

Nestle ACTICOR merupakan minuman mengandung susu dengan serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu.

Nestle ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestle ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestle ACTICOR juga bisa dikonsumsi dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestle ACTICOR dianjurkan untuk diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestle ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Yuk, minum Nestle ACTICOR setiap hari!

Nestle ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)