Jumat, 29 Mei 2020 14:30 WIB

Catat, Ini Ragam Penyebab Lambung Terasa Tidak Nyaman Setelah Makan

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Ilustrasi Sakit Maag Foto: shutterstock
Jakarta -

Makanan dapat memberikan energi bagi tubuh agar untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, seringkali beberapa orang mengalami perut tidak nyaman setelah makan seperti kembung, gas meningkat, atau sakit perut.

Sakit perut atau ketidaknyamanan setelah makan memiliki banyak penyebab. Jika sakit perut terjadi setelah makan dan kemudian hilang, biasanya disebabkan oleh makanan.

Jika seseorang memiliki gejala lain atau rasa tidak nyaman yang terus-menerus terjadi meskipun telah melakukan perubahan pada pola makan mereka, itu mungkin kondisi medis. Berikut beberapa penyebab orang merasa tidak nyaman setelah makan seperti dikutip dari Medical News Today.

1. Stres

Stres dapat menyebabkan otot menjadi tegang, yang dapat membuat sakit atau tidak nyaman di perut. Beberapa napas yang lambat dan dalam sebelum makan dapat mengendurkan otot. Makan perlahan dan tenang bisa membantu menghindari sakit perut.

2. Sembelit

Tidak cukup buang air besar atau buang air besar yang sulit kemungkinan disebabkan oleh sembelit. Nyeri perut dan kembung adalah gejala sembelit umum lainnya. Orang dapat mengobati sembelit dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan banyak minum cairan.

3. Makan Terlalu Banyak dan Cepat

Makan terlalu banyak atau terlalu cepat juga menjadi faktor perut terasa tidak nyaman. Makan kebanyakan dapat membuat enzim dalam saluran cerna menjadi berkurang, pencernaan menjadi lambat, dan timbul kembung. Begitu juga dengan cara makan terburu-buru, bisa menyebabkan pencernaan mekanik di rongga mulut jadi tidak sempurna sehingga mempersulit pencernaan selanjutnya dan memberi kesempatan timbulnya gas lebih banyak.

4. Tukak Lambung

Tukak lambung adalah sakit yang timbul di lapisan perut. Ini akan menyebabkan rasa sakit yang membakar di tengah perut. Tukak lambung sering disebabkan oleh infeksi. Kondisi ini juga bisa terjadi karena hasil dari obat-obatan yang memasukkan aspirin jika sering diminum dalam jangka waktu lama.

5. Gangguan Pencernaan

Seseorang dapat menderita gangguan pencernaan setelah makan atau minum. Seperti halnya sakit perut, mereka mungkin merasa kembung atau sakit. Makanan berlemak, kafein, minuman manis, dan alkohol dapat memperburuk gangguan pencernaan.

Nyeri perut dapat dicegah dengan seseorang yang mengonsumsi makanan seimbang dan sehat dengan buah-buahan dan sayuran segar. Selain itu, jika Anda mengonsumsi multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, pastikan vitamin C yang dikonsumsi juga aman di lambung. Salah satunya adalah Blackmores Bio C yang mengandung vitamin C 1000mg dengan Double C Formula biar nggak gampang sakit.

Blackmores Bio C juga dilengkapi dengan mineral askorbat sehingga lebih aman di lambung dan citrus bioflavonoid yang membantu penyerapan vitamin C di dalam tubuh. Lengkapi juga kebutuhan vitamin dan mineral dengan Blackmores Multivitamins + Minerals dengan Multi Advanced Formulation diperkaya 17 vitamin dan 6 mineral. Selain mengandung multivitamin dan mineral lengkap, produk ini juga mengandung vitamin C 200 mg untuk bantu juga daya tahan tubuh dan menjaga stamina Anda.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)