Jumat, 29 Mei 2020 20:00 WIB

5 Kebiasaan Sebelum Tidur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi diet Kebiasaan sebelum tidur untuk turunkan berat badan. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Tidur adalah kegiatan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tak hanya untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas, tetapi saat kita tertidur ternyata membakar sekitar 300-400 kalori. Itu setara dengan berlari selama kurang lebih satu jam.

Menurut para ahli, kualitas tidur yang baik pun bisa mengurangi berat badan. Dikutip dari Brightside.me, beberapa kebiasaan baik ini jika dilakukan sebelum tidur bisa bantu mengurangi berat badan lho.

1. Tidur dengan suhu rendah

Para ahli merekomendasikan untuk tidur dalam keadaan suhu yang rendah atau dingin. Jika tidur dengan suhu sekitar 18 derajat Celcius bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Penelitian juga membuktikan, saat tidur di ruangan bersuhu dingin akan membantu tubuh membakar energi agar bisa beradaptasi dengan suhu lingkungan.

2. Minum jus anggur

Minum jus anggur sebelum tidur ternyata tidak hanya menyegarkan tubuh, tetapi bisa membantu mengurangi kalori karena anggur mengandung zat resveratrol. Zat tersebut berfungsi untuk mengubah lemak putih menjadi lemak krem yang digunakan sebagai penghangat tubuh saat tidur. Jika mengkonsumsi ini sebelum tidur, akan mengubah lemak yang tidak berguna menjadi sangat berguna untuk tubuh.

3. Makan cemilan yang mengandung protein

Protein akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan meningkatkan pertumbuhan otot. Kamu bisa mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung protein tinggi seperti yogurt, selai kacang dan lainnya yang tidak memancing lemak menumpuk di tubuh.

4. Lakukan latihan fisik

Latihan fisik adalah cara yang terbaik untuk mengurangi stres dan meningkatkan metabolisme tubuh sebelum tidur malam. Kamu bisa melakukan berbagai macam latihan, seperti berenang atau angkat beban di malam hari. Selain sehat dan tidak terlalu melelahkan, kegiatan itu bisa membakar lemak.

5. Minum teh herbal

Beberapa jenis teh memang bisa mengurangi berat badan berlebih, tetapi bukan yang dikhususkan untuk diet ataupun pelangsing. Kamu bisa mengkonsumsi teh herbal yang menyehatkan seperti teh hijau, selain sehat juga bisa membantu mengurangi berat badan jika dilakukan rutin.



Simak Video "Usai Lockdown, Berat Badan Pria di Wuhan Naik hingga 100 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)