Sabtu, 30 Mei 2020 10:05 WIB

3 Penyakit yang Biasa Muncul Saat Lebaran, Ini Cara Atasinya

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Kolesterol Foto: shutterstock
Jakarta -

Perayaan Idul Fitri sering dijadikan momen berkumpul bersama keluarga dan bersilaturahmi dengan tetangga. Berbagai hidangan istimewa yang menggoda selera juga tersaji untuk menyambut tamu dan saudara yang datang ke rumah.

Namun makanan yang biasa disajikan saat Lebaran seperti opor ayam, rendang, semur daging adalah makanan yang mengandung santan. Makanan bersantan ini sering menimbulkan beberapa penyakit dari ringan hingga berat jika dimakan secara berlebihan.

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini rangkuman detikhealth tentang penyakit musiman yang biasa muncul saat Lebaran tiba dan cara mengatasinya.

Diare

Selama berpuasa pola makan akan sangat teratur dan tidak berlebihan. Namun ketika Lebaran datang, pola makan akan banyak berubah. Apalagi jika langsung menyantap banyak makanan dalam satu hari, efeknya bisa menyebabkan masalah pencernaan.

Selain itu, saat Lebaran asisten rumah tangga juga biasanya akan mudik. Akibatnya banyak makanan yang diawetkan lalu dihangatkan ketika akan dimakan selama berhari-hari. Hal ini juga yang bisa menyebabkan diare.

Asam Urat

Asam urat juga menjadi salah satu penyakit yang mengancam saat Lebaran datang. Penyakit musiman ini biasanya disebabkan konsumsi daging berlebihan. Sebab saat Lebaran, makanan seperti opor ayam dan gulai juga biasanya tidak hanya berisi daging tapi juga jeroan. Semua makanan itu jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat sakit pada sendi.

Kolesterol

Kolesterol tinggi juga menjadi ancaman saat Lebaran tiba. Berbagai makanan bersantan, daging-dagingan, jeroan, telur hingga keju yang ada di kue lebaran menjadi pemicu kolesterol tinggi. Penyakit kolesterol ini berbahaya bagi tubuh karena kolesterol merupakan pemicu munculnya penyakit jantung.

Itu dia tiga penyakit musiman yang biasa muncul saat Lebaran datang. Agar hari kemenanganmu tak terganggu dengan penyakit-penyakit musiman di atas, pastikan kamu mencegahnya dengan tetap menjaga asupan serat seperti buah dan sayur serta minum cukup air putih.

Setelah makan makanan berat, pastikan kamu tetap aktif bergerak dan berolahraga agar kolesterol tidak mengendap dan menyumbat pembuluh darah. Selain cara-cara tersebut, kamu juga bisa bantu turunkan kolesterol setelah Lebaran dengan Nestle ACTICOR.

Nestle ACTICOR merupakan minuman mengandung susu dengan serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu.

Nestle ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestle ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestle ACTICOR juga bisa dikonsumsi dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestle ACTICOR dianjurkan untuk diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestle ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Yuk, minum Nestle ACTICOR setiap hari!

Nestle ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)